Tertimpa Pohon, Listrik di Wilayah Kandangan dan Sekitarnya Sempat Mengalami Pemadaman

0

HUJAN deras disertai angin kencang melanda hampir seluruh wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada Kamis (3/12/2020) sore. Akibatya, sejumlah pohon besar di beberapa kawasan patah dan tumbang, menimpa jaringan listrik milik PLN.

SEPERTI terpantau di Desa Gambah Dalam, Kecamatan Kandangan. Di beberapa titik di desa ini, tampak sebuah pohon kelapa tumbang menimpa kabel listrik sehingga ikut merobohkan tiang listrik milik PLN yang ada di sekitarnya.

Dampaknya, jaringan listrik di wilayah desa dan sekitarnya ikut mengalami gangguan yang cukup lama. Dedy, warga Desa Gambah Dalam mengungkapkan pohon kelapa yang roboh itu diduga sudah lapuk di bagian bawahnya, akibat termakan usia.

“Akibat angin deras tadi sekitar jam tiga sore sampai pukul empat, tumbang hingga menimpa kabel listrik. Tapi, aliran listriknya sudah dimatikan petugas PLN. Ada dua petugas yang datang dan memeriksa sekaligus memperbaiki kabel listrik yang tertimpa pohon,” ucap Dedy.

BACA : Sejumlah Tiang Listrik di Kandangan Bahayakan Pengguna Jalan

Sementara itu, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kandangan, Dadin mengungkapkan akibat insiden terjangan angin kencang dan hujan deras, sedikitnya ada lima kerusakan jaringan listrik. Ada yang disebabkan tertimpa pohon tumbang, hingga disapu angin kencang.

“Makanya, kami mohon maaf karena hampir semua wilayah di HSS terdampak pemadaman listrik. Saat ini, memang cuaca lagi ekstrem dengan angina kencang yang menyerang beberapa titik fasilitas milik PLN,” ucap Dadin, dikonfirmasi awak media, Jumat (4/12/2020).

BACA JUGA : Ombudsman Minta PLN Kalselteng Beri Keringanan Pembayaran Listrik

Ia menerangkan ada beberapa jaringan listrik milik PLN seperti KD8 yang menyuplai setrum dari Polres HSS ke wilayah Gambah. Kemudian, KD4 yang memasok aliran listrik ke Kantor Bupati HSS, Pasar Kandangan dan sekitarnya.

Berikutnya, ada KD3 yang melayani Zona 2 Sumpang Paring hingga Kalumpang, dan KD2 yang ada di wilayah Durian Rabung, Pahariangan.

“Namun, dari semua fasilitas, hampir merata terkena pohon tumbang. Makanya, kami segera menerjunkan tim ke lapangan, terdiri dari enam sampai tujuh tim. Semoga dengan perbaikan cepat, aliran listrik di wilayah HSS kembali normal seperti sedia kala,” kata Dadin.(jejakrekam)

Penulis A Firman
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.