Tahun ini, Semua Pukesmas di Tabalong Sudah Berstatus BLUD

0

SEMUA Puskesmas yang ada di Kabupaten Tabalong kini sudah berstatuskan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

STATUS BLUD ini didapat oleh 13 dari 18 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tabalong tahun ini setelah dinyatakan lulus oleh tim Penilai Penerapan BLUD Kabupaten Tabalong yang diketuai Sekda Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, dr Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan, dari 18 Puskesmas yang ada di Tabalong, 13 Puskesmas di antaranya baru berstatus BLUD tahun ini, sedangkan 5 puskesmas lainnya sudah berstatus BLUD terlebih dahulu.

“5 Puskesmas, sudah berstatus BLUD sejak lima tahun lalu, sedangkan 13 puskesmas lainnya baru terbentuk menjadi BLUD tahun 2020 ini,” ujarnya.

Penerapan 13 Puskesmas sebagai puskesmas BLUD sendiri ungkapnya akan dimulai pada tahun depan, dengannya mulai tahun depan, 18 Puskesmas yang ada di Tabalong sudah menerapkan sistem BLUD.

Dengan berstatus Puskesmas BLUD beber Taufiq, banyak kemudahan dan keuntungan yang akan didapat oleh Puskesmas tersebut, di antaranya dapat meningkatkan mutu kualitas pelayanan Puskesmas dan lebih leluasa dalam melakukan penganggaran.

“Leluasanya Puskesmas berstatus BLUD dalam melakukan penganggaran karena pendapatan dari BLUD ini dapat dipakai langsung oleh Puskesmas untuk kegiatan operasionalnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu tambahnya, Puskesmas pun dapat mengangkat sendiri tenaga kontrak untuk menambah SDM yang diperlukan.

“Ada 13 keleluasaan dari BLUD, kemudahan-kemudahan inilah yang akan menjamin puskesmas akan lebih bergerak cepat dalam rangka  peningkatan mutu kualitas pelayanannya,” ujarnya.

Terkait perubahan status menjadi BLUD ini ucap Taufiq, pihak Puskesmas tentu harus siap dengan SDM pendukung, terutama terkait pengelolaan keuangan dengan menyiapkan akuntan.

Pihaknya berharap dengan berubah status semua Puskesmas yang di Kabupaten Tabalong ini menjadi BLUD, Pihak Puskesmas dapat lebih maksimal dalam memberikan layanan pada masyarakat.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.