Janji Amanah, Paman Birin : Cucuk Nang Balaung di 9 Desember Nanti

0

TABANG bamban bawa ka Kuin

Tabang sabuku buat ka jukung

Paman Birin Haji Muhidin

Numur satu nang kita dukung

Humbut niyur wan iwak patin

Lakas disurung makan di ambin

Sabanuaan maharap sidin

Malanjutakan jadi pamimpin

Sungai Jingah kalahirannya

Di Tunggul Irang padatuannya

Cangkal bagawi marakyat sifatnya

Haji Sahbirin pamimpin kita

Murah sanyum sidin urangnya

Kota Tapin kalahirannya

Duduk rapat lawan ulama

Haji Muhidin jadi wakilnya

ITULAH bait syair lagu pasangan Paman Birin – H Muhidin (BirinMu). Dikemas irama kental tradisi Banua, dituturkan dengan bahasa Banjar yang khas. Langgamnya gembira, didendangkan ceria. Terkandung informasi tegas dan jelas. Tentang jati diri, sifat dan perilaku mereka.

LAGU merakyat yang kini setiap hari begitu mudah diakses di berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan YouTube. Lagu yang sangat familiar dengan tradisi asli Urang Banua. Siapa pun menyukainya.

Selaras dengan lagu itu, BirinMu juga tampil berbusana khas dominan kuning. Lengkap dengan Laung Tinggi (ikat kepala), lambang keramat Urang Banua.

Ciri-ciri khas itulah nanti yang tampil dan muncul di surat suara Pilkada 2020. Nomor 1, letaknya di sebelah kiri. Yang akan dicoblos pemilih pada Rabu, 9 Desember.

BACA : Kenakan Laung Jadi Identitas, Paman Birin Ingin Mengulang Memori Sukses Pilkada Kalsel 2015

“Jangan kada ingat, 9 Desember, harinya Rabu, datang ke TPS dengan gembira. Amati surat suara. Ada foto kami di sana, nang balaung,” kata Paman Birin.

Insyaallah, lanjut Paman Birin, bersama H Muhidin, ia akan amanah dalam memimpin Banua. Melanjutkan berbagai pembangunan yang berpihak kepada kepentingan seluruh rakyat Kalsel. Pembangunan yang selama periode 2016 – 2021 sudah berjalan dengan baik.

“Amun kada kita Urang Banua nang paduli lawan Banua, siapa lagi. Ulun mohon doa restu seluruh masyarakat Banua. Mudahan Pilkada Serentak 2020 berjalan lancar, aman dan damai. Menghasilkan pemimpin sesuai kehendak Urang Banua,” pungkas Paman Birin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.