Jangan Pakai Masker Scuba, Kadinkes Banjarmasin Minta Warga Pertahankan Zona Hijau

0

KEPALA Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, terus mengimbau kepada warga dan pemerintah setempat agar sama-sama mempertahankan zona hijau Covid-19.

IMBAUAN ini disampaikan mengingat belakangan waktu terakhir, kasus Covid-19 secara nasional kian melonjak drastis. Kamis (3/12/2020) penambahan pasien baru se-Indonesia bahkan mencapai 8.369 orang.

Sedangkan, untuk Kota Banjarmasin, per hari ini, tercatat penambahan kasus positif baru sebanyak 7 orang. Serta 138 orang dinyatakan suspek Corona.

Ihwal mempertahankan zona hijau, Machli mengimbau seluruh warga masyarakat kota banjarmasin untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Masker kemudian menjadi hal yang sangat utama digunakan karena penularan covid ini melalui droplet yang keluar dari hidung dan mulut.

“Gunakanlah masker kain minimal dua lapis. Bahkan lebih baik lagi kalau ada yang tiga lapis. Selanjutnya sering mencuci tangan dengan menggunakan air yang mengalir dengan, menggunakan sabun dalam waktu minimal 20 detik,” kata Machli. Ia menyarankan warga tak pakai masker Scuba karena belum standar.

BACA JUGA: Berjuang Lawan Covid-19, Turut Terinfeksi Kepala IGD RSUD Ansari Saleh Meninggal Dunia

Eks pejabat Pemprov Kalsel ini juga mengimbau warga kota tidak berpergian ke daerah zona merah. Potensi penularan makin tinggi ketika ada yang datang dari daerah yang masih diselimuti Corona.

“Kami ingin memaksimalkan, mengajak masyarakat untuk meningkatkan imunitas dengan sering berolahraga dan memakan buah buah yang mengandung vitamin C. Seperti jambu biji, mangga, lemon buah tiwil dan buah buah yang lainnya. Kandungan vitamin C nya cukup tinggi. Agar kita memiliki ketahanan tubuh yang kuat ,sehingga bisa mempertahankan tubuh kita terhadap serangan covid-19,” beber Machli.

BACA JUGA : Terus Berkembang, Angka Pasien Covid-19 Meninggal di Kalsel Tembus 500 Orang

Masih menurut Machli, suksesnya Banjarmasin terbebas dari Covid-19 juga berkat kerja sama antara masyarakat, pemerintah daerah, tenaga kesehatan, TNI-Polri serta Satpol PP, dan insan pers yang telah mengedukasi masyarakat.

“Mari kita pertahatankan dan tetap memberikan semangat kepada petugas kesehatan yang selama ini berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Banjarmasin,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.