Jalan Amblas, BPBD Balangan Minta Masyarakat Waspada Musim Hujan

0

MENERIMA laporan dari masyarakat jika ada terjadi tanah amblas (longsor), yang mengerus jalan Tabuan – Uren di Kecamatan Halong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan langsung mencek ke lokasi, Selasa (1/12/2020). 

PELAKSANA Tugas Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada mengatakan, ken KesiapbKedaruratan BPBD untuk kerusakan atau longsor cukup berat dan hampir menghabiskan badan jalan.

Sehingga untuk sementara, kata Syuhada, akses jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

“Kita sudah koordinasikan ke pihak terkait lainnya, soal perbaikan nantinya menjadi wewenang SKPD yang bersangkutan,” bebernya.

Terlepas dari itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap terjadinya musibah, terlebih musim hujan.

Masih menurut Syuhada, menghadapi kebencanaan di tahun 2020 BPBD Balangan telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya melaksanakan sosialisasi kebencanaan bersama pemangku kepentingan yang terkait.

Kemudian juga telah melaksanakan apel kebencanaan bersama TNI-Polri dan instansi lainnya, serta menyebar sejumlah spanduk imbauan kepada masyarakat untuk waspada bencana.

“Apalagi prediksi kebencanaan sepertui musim hujan akan masih berlangsung hingga awal tahun depan, kami mengharapkan kerja sama kepada masyarakat, salah satunya menjaga lingkungan seperti jangan membuang sampah sembarangan, dan kita berharap kebencanaan di 2020 dapat diantisipasi sedini mungkin,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.