Sukses Terapkan Sekolah Tangguh, Kepsek SDN Murung Sari 5 Raih Penghargaan Kemendikbud

0

MEMBANGGAKAN. Rina Emilyana, Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Murung Sari 5 Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyabet prestasi yang mengharumkan nama daerah di tingkat nasional tahun 2020.

PRESTASI yang diraih Kepala SDN Murung Sari 5 ini adalah Kepala Sekolah Dasar Inspiratif Tingkat Nasional yang diterimanya pada Senin (30/11/2020).

Kepala sekolah (kepsek) yang akrab disapa Ibu Rina ini berhasil menyisihkan kompetitornya. Dalam seleksi tingkat nasional ini, ada 841 kepsek yang ikut dalam penilaian sebagai kepsek inspiratif.

Rina berhasil masuk dalam 20 finalis kepala sekolah inspiratif. Bahkan, dari 20 finalis ini, Rina berhasil menduduki peringkat pertama dengan nilai 261.

Penerimaan penghargaan dilaksanakan di Hotel Sahid Serpong, Rina pun berhak mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang diserahkan oleh Dr Yaswardi selaku  Direktur GTK Dikmen dan Diksus.

BACA : Masih Berisiko, Rencana Belajar Tatap Muka di Sekolah Diundur Sampai Akhir Tahun

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Bupati HSU atas dukungan dan arahan, sehingga berhasil meraih prestasi di tingkat naisonal yang membanggakan dan menginspirasi dan mengharumkan nama HSU di kancah nasional,” ujar Rina kepada awak media di Amuntai, Senin (30/11/2020).

Menurut Rina, penghargaan ini diberikan kepada dirinya, karena berhasil melaksanakan pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19 meski berada di zona merah.

Rina tidak menyerah dengan kondisi saat itu, dengan memohon izin kepada kepala daerah dan dengan tetap mempedomani kebijakan dari Kemendikbud. Akhirnya, Rina berhasil menjadikan SDN Murung Sari 5 Kecamatan Amuntai Tengah sebagai sekolah tangguh baik siswa dan gurunya.

BACA JUGA : Teranyar Ada Klaster Rutan Kandangan, Bupati HSS Minta Kerumuman Massa Ditertibkan

Rina juga sukses menghadirkan belajar tatap muka dengan nyaman dan aman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ia menjelaskan proses penilaiaan juga sangat ketat, dari pengiriman deskripsi program, penilaian substansi dari 20 finalis, wawancara dan presentasi.

Bupati HSU H Abdul Wahid pun nyampaikan ucapan selamatnya atas prestasi yang diraih Rina. Ia berharap prestasi dan penghargaan sebagai kepsek inspiratif ini dapat memotivasi dan menginspirasi kepsek yang lain dalam pelaksanaan pembelajaran.

“Sehingga sekolah-sekolah yang ada di HSU nantinya menjadi sekolah tangguh di tengah pandemi covid-19 yang masih belum menentu kapan berakhirnya. Sementara di bulan Januari 2021nanti, baru proses belajar tatap muka akan dibuka,” ucap mantan Ketua DPRD HSU ini.

Wahid juga berharap agar mulai sekarang para kepala sekolah dan guru mempersiapkan segala sesuatunya termasuk protokol kesehatan ketika menerapkan pola pembelajaran di kelas seperti sediakala, meski berada di tengah pandemi.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.