Jadi Tempat Bersantai, DLHK Balangan Akan Buat Hutan Kota

0

HUTAN kota yang dulu berada di Jalan Garuda Mataram, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalsel kini direncanakan berpindah. Alih fungsi hutan kota yang menjadi Kebun Raya membuat perpindahan itu terjadi.

RENCANANYA
ada tiga lokasi yang akan didesain sedemikian rupa sebagai hutan kota. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa Abdullah.

Sebut Musa, ada kurang lebih tiga hektar lahan yang disiapkan untuk perencanaan hutan kota ke depannya. Sehingga kawasan hijau di Balangan, khususnya pada wilayah perkotaan pun bertambah.

Selain itu, keberadaan hutan kota akan diolah sebagai tempat bersantai. Sehingga tak hanya sekadar dipenuhi tanaman. Melainkan juga dirancang adanya sports center dan tempat berjalan.

“Kami sudah melakukan perancangan yang nantinya akan diusulkan dan masuk dalam APBD Kabupaten Balangan,” ucap Musa.

Sebutnya, rancangan yang dibuat masih dalam bentuk audio visual dan akan dipersentasikan pada kepala daerah.

Sementara itu, Musa membeberkan tiga lokasi yang masuk dalam hutan kota. Dimana tempat itu dibuat terpisah dan masih dalam proses pengkajian.

Tempat hutan kota yang terpilih yakni di dekat Kantor Pertanahan Kabupaten Balangan, Komplek Perkantoran Kabupaten Balangan. Kemudian lokasi lainnya di Jalan A Yani pada kawasan yang sama. Sementara lokasi ketiga yaitu di Taman PKK Kabupaten Balangan Desa Lingsir.

Keberadaan hutan kota ini, ujar Musa diharapkan mampu memberikan atau menambahkan ruang terbuka hijau di wilayah perkotaan. Selain itu sebagai tempat bersantai bagi warga Balangan. Tak kalah penting mampu menjadi  kantong oksigen bagi lingkungan serta sarana edukasi.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.