Debat Kandidat Pilkada Tanbu, Cuncung-Alpiya Paparkan Kiat Pengembangan UMKM

0

DEBAT kandidat calon kepala daerah di Tanah Bumbu (Tanbu) kembali dihelat, Senin (30/11/2020) malam. Tiga pasang cabup-cawabup masing-masing menyampaikan gagasannya soal pembangunan daerah di Bumi Bersujud.

CALON bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu nomor urut 1, Syarifudin H Maming-Muhammad Alpiya Rakhman, misalnya, mengatakan dalam membangun daerah ini, harus lebih banyak lapangan pekerjaan diciptakan lintas sektor. Baik UMKM, pertanian, pertambangan dan perikanan.

“UMKM lebih banyak menyerap tenaga kerja di lingkungan masing-masing,” ujar Syarifudin atau akrab disapa Cuncung, saat debat kandidat yang diselenggarakan KPU Tanbu, Senin (30/11/2020) malam.

BACA JUGA: Debat Pilkada Tanbu, Mila-Zainal Ingin Dorong Badan Usaha Di Ratusan Desa

Cuncung lantas menjabarkan aneka persoalan yang biasanya dihadapi para penggiat UMKM. Salah satunya adalah persoalan legalitas usaha.

Ia merinci aspek legalitas acapkali menjadi problem UMKM di Tanbu, karena berdasarkan pengalaman semasa di DPR RI. UMKM pemerintah luput dari bantuan pemerintah lantaran persoalan ini.

“Kemudian teknologi digital harus kami optimalkan dalam proses perizinan agar lebih mudah dan cepat,” ucap Cuncung.

Sejurus dengan hal tersebut, cawabup Muhammad Alpiya menambahkan UMKM perlu diberikan bantuan promosi usaha. Termasuk bekerja sama dengan e-commerce. Sehingga pemasaran produk UMKM di Tanbu, dapat menjangkau lebih luas.

“Kami memastikan juga UMKM, kita bekerja sama dengan waralaba yang ada di Kabupaten Tanbu, untuk memajang etalasenya (produk UMKM) di depan, sehingga (produk) UMKM Tanbu bisa terbeli. Terakhi, kami akan menekan SKPD, supaya setiap rapat-rapat menggunakan (produk) UMKM Tanbu,” tutup Alpiya Rakhman. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.