Rombongan Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalsel Timba Ilmu ke Mako Brimob

0 54

ROMBONGAN Divisi Pemasyarakatan beserta sejumlah jajaran lain yang tergabung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan mengunjungi Mako Brimob Polda Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Sabtu (21/11/2020).

KUNJUNGAN ini dalam rangka peningkatan pembinaan Satuan Operasi Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Pemasyarakatan. Adapun lawatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Pemasarakatan, Adul Karim, beserta jajaran lainnya dan 31 petugas.

Pelatihan yang diberikan bagi petugas yang tergabung dalam Satops Patnal berupa keterampilan menembak dan bongkar pasang senjata, petugas dilatih menggunakan senjata api, pengenalan teknik menembak dan bongkar pasang senjata.

Latihan ini juga dimaksudkan melatih konsentrasi dan kesiapan individu dalam menggunakan senjata dalam pelksanaan tugas sehari-hari ketika dibutuhkan.

Peserta Satops Patnal juga dibekali Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) dengan maksud memangun kembali kekompakan dan kedisiplinan dalam melaksanakan aba-aba dari instruktur.

Terakhir, petugas Satops Patnal dilatih menangani huru hara yang bisa saja terjadi dilingkungan UPT dengan menggunakan peralatan anti huru hara.

Kedatangan Kadiv PAS beserta rombongan di Mako Brimob disambut oleh Kabag Ops Satbrimob Polda Kalsel, AKBP Siswara Hadi Chandra dan di Lapangan Tembak Mako Brimod Polda Kalsel beserta jajaran Kepala UPT PAS.

Dalam pertemuan singkat yang digelar di Lapangan tembak Brimob Polda Kalsel, Abdul Karim menyampaikan pentingnya koordinasi dan komunikasi antara penegak hukum agar dapat bermanfaat dalam antisipasi pencegahan dan mengantisipasi adanya gangguan keamanan di Lapas dan Rutan.

“Selain itu tentu dengan adanya koordinasi ini tentu membantu para Kalapas maupun Karutan dalam melakukan prosedur pengamanan dengan melibatkan Brimob Polda Kalsel dalam membantu pengamanan,” ujarnya.

Selain kegiatan patihan bagi anggota Satops Patnal, juga diisi dengan Latihan menembak oleh para Pimti Pratama Kantor Wilayah dan jajaran Kepala UPT se-Kalimantan Selatan, untuk menjajal keterampilan menembak dengan di dampingi instruktur dari Brimob Polda Kalsel.

Pada sore hari, kegiatan berakhir dengan apel penutupan yang dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan. Dalam sambutannya, Abdul Karim berharap dengan adanya pelatihan Satops Patnal dapat bermanfaat dalam peningkatan kapasitas petugas pemasyarakatan, khususnya di Kalimantan Selatan dan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan di satuan kerja masing-masing peserta. (jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.