Ribuan Penyelenggara Pemilu di Balangan Jalani Rapid Test

0 42

KOMISI Pemilihan Umum Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan kembali mengadakan rapid test secara massal bagi penyelengara Pilkada Balangan yang berada di bawah tanggung jawab KPU Balangan, Minggu (22/11/2020).

PELAKSANAAN rapid test sendiri dilakukan sejak Kamis (19/11/2020. Hari pertama berlangsung di Kantor Kecamatan Juai. Disusul pula sejumlah kecamatan lainnya untuk pemeriksaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif meninjau langsung penyelenggaraan rapid test tersebut. Ucapnya hal itu sebagai upaya dan kerja sama Dinkes Balangan beserta KPU Balangan untuk mencegah klaster baru.

“Ini merupakan program dari KPU dan intinya memutus rantai penularan penyebaran Covid-19 di Balangan,” ucap Erwan.

BACA : Mantapkan Pelaksanaan Pilkada, KPU Balangan Gelar Simulasi Pencoblosan

Tambahnya, kegiatan tersebut merupakan upaya Satgas Covid-19 untuk menghindari agar jangan sampai ada petugas yang akan menjadi sumber penularan.

Secara keseluruhan, lebih 4.000 petugas penyelenggara Pilkada dari tingkat kecamatan hingga desa di Balangan akan dilakukan rapid test. Mereka yang dinyatakan reaktif lantas wajib melaksanakan karantina.

Secara bergantian pula, petugas medis melakukan rapid test terhadap warga yang datang. Sementara untuk hasil dari pemeriksaan tersebut masih belum diumumkan secara menyeluruh oleh pihak Dinas Kesehatan.

Rapid test dilakukan pada delapan kecamatan, selama empat hari. Jadwal terakhir berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan untuk pemeriksaan penyelenggara Pilkada pada kecamatan Paringin dan Paringin Selatan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.