Plt Bupati Balangan Berharap Kades Jadi Ujung Tombak Pencegahan Covid-19

0 36

DALAM rangka menyukseskan Pilkada Serentak 2020 yang salah satunya digelar di Balangan, Pemkab Balangan melaksanakan sosialisasi Pilkada yang jujur, aman dan damai.

SOSIALISASI dilakukan di setiap kecamatan secara bergiliran. Selasa (17/11/2020), sosialisasi perdana dilaksanakan di Kecamatan Paringin Selatan, bertempat di aula kecamatan setempat.

Selain dihadiri Plt Bupati Balangan, Syaifullah, turut hadir juga Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid dan Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Ali Ahmad Satriyadi serta juga para kepala desa.

Dalam sambutannya, Syaifullah menuturkan, kegiatan sosialisasi yang pihaknya inisiasi agar pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Balangan berjalan damai, aman dan lancar dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Selain itu juga, lanjutnya, diharapkan pelaksanaan Pilkada ini terhindar dari penularan Covid-19, dengan secara ketat menerapkan protokol kesehatan, baik bagi petugas maupun masyarakat pemilih.

Terlepas dari itu, Syaifullah meminta kepada para Kepala Desa yang ada di kabupaten itu untuk berperan aktif mencegah penyebaran COVID-19 di desanya masing-masing. Salah satunya, dengan penggunaan atau memanfaatkan Dana Desa yang ada.

“Demi mencegah penyebaran Corona Virus Disease, dana desa boleh digunakan untuk penanganan dan pencegahan wabah ini. Untuk itu, saya meminta setiap Kepala Desa bisa mengalokasikan dana desa dalam upaya pencegahan Corona termasuk untuk anggaran tahun 2021 mendatang,” bebernya.

Menurutnya, diperbolehkannya penggunaan Dana Desa untuk penangana COVID-19 tersebut sudah mendapat restu dari Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal. Menurut Karolin saat ini penanganan COVID-19 merupakan hal yang prioritas dilakukan, mengingat sangat berbahayanya virus ini sehingga upaya pencegahan sampai ditingkat desa hingga ke dusun sangat diperlukan.

Terakhir Syaifullah mengimbau, jangan sampai pesta demokrasinya sukses Covid-19 juga sukses. Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar mewaspadai Covid-19 dengan patuh menjalankan protocol kesehatan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.