Bawaslu Oke

Debat Kandidat Pilgub Kalsel, Tengok Muhidin dan Difriadi Saling Tanding Gagasan

0 81

CALON wakil gubernur Kalimantan Selatan mengikuti debat kandidat, yang diselenggarakan KPU Kalsel, Rabu (18/11/2020) malam. Dalam debat yang ditayangkan langsung oleh salah satu stasiun televisi itu, tema yang diangkat adalah pendidikan, ekonomi, sosial keagamaan dan kebudayaan.

CALON wakil gubernur Kalsel nomor urut 02, Difriadi Darjat menyampaikan visi-misi H2D, yang bakal membawa Kalsel lebih beriman, unggul dan makmur. Ia meyakini daerah ini memiliki sumber daya untuk mewujudkan visi pembangunan duet mereka.

Bagi Difriadi, Kalsel memiliki memiliki ragam sumber daya baik sumber daya spritual, manusia, hingga alam. Menurut dia, anugerah sumber daya ini, harus digunakan secara efektif dan efisien untuk kemajuan Banua Kalsel.

“Oleh karena itu diperlukan kepemimpinan yang mempunyai kapasitas, dan integritas, untuk melaksanakan dan busa mengeksekusi daripada visi yang kami sampaikan tadi,” ujarnya. Sejurus dengan hal tersebut, mantan Wabup Tanah Bumbu ini menuturkan kunci untuk menjawab tantangan adalah memaksimalkan potensi sumber daya yang ada.

“Adapun di bidang keagamaan kita maksimalkan peran tokoh agama, alim ulama, majelis taklim dan pondok pesantren dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia. Difriadi mengungkapkan H2D menawarkan program satu desa satu hafizh Quran.

“Sementara di wilayah-wilayah terpencil, terluar dan terjauh harus ada akses yang memadai di bidang transportasi dan akses distribusi bahan pokok,” kata politikus Gerindra ini.

Selanjutnya, infrastruktur penopang transportasi khususnya akses menuju kawasan hulu sungai juga harus ditingkatkan, sehingga bisa menopang akses distribusi barang dan jasa. “Akses menuju Ibukota akan kami bangun jalan yang baik dan memenuhi syarat untuk kemajuan daerah kita,” lugasnya.

BACA JUGA: Debat Perdana Pilgub Kalsel: Birin dan Denny Saling Pamer Visi-Misi

Dari kubu petahana, calon wakil gubernur Kalsel, Muhidin menyampaikan visi-misi Paman Birin-Mu adalah Kalimantan selatan yang maju, makmur sejahtera dan berkelanjutan sebagai gerbang ibu kota yang baru.

Duet Birin-Mu, kata dia, akan membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti yang luhur. Kemudian di bidang ekonomi paslon 01, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata, dan memperkuat sarana dan prasarana dasar di bidang ekonomi.

Di bidang pendidikan, Paman Birin-Mu menawarkan program peningkatan umum, vokasi dan kejuruan, serta pendidikan agama. “Misi di bidang sosial Paman Birin-Mu, peningkatan kesehatan, kesetaraan gender dan tanpa diskriminasi disabilitas,” jelas politisi PAN ini.

“Bidang keagamaan dan kebudayaan, memperkuat kerukunan beragama, memperkuat nilai-nilai agama, dan melestarikan serta pengembangan budaya,” kata Muhidin menambahkan.

Muhidin menyebut program ekonomi Paman Birin-Mu yaitu pengembangan ekonomi syariah, wisata alam dan religius, serta UMKM. “Kita akan melakukan hilirasi industri, dan membangun infrastruktur untuk menopang aktivitas ekonomi,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.