Ambil Sumpah Janji 426 ASN, Plt Walikota Hermansyah Ingatkan Jaga Netralitas di Pilkada

0

SEBANYAK 426 aparatur sipil negara (ASN) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Plt Walikota Banjarmasin, Hermansyah di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Selasa (17/11/2020).

KARENA masih berada di pandemi virus Corona (Covid-19), meski Banjarmasin sudah bisa meraih zona hijau, toh penerapan protokol kesehatan tetap jadi pilihan utama.

Hasilnya, hanya 60 ASN yang dilantik secara tatap muka. Sisanya, ratusan ASN mengikuti prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai ‘abdi negara’ secara virtual, melalui layar lebar yang dipasang di Aula Kayuh Baimbai.

Plt Walikota Hermansyah mengingatkan agar para ASN yang telah diambil sumpan dan janjinya mengabdi sesuai bidang tugasnya dengan memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Jadilah, ASN yang terbaik dengan memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Wakil Walikota Banjarmasin asal PDI Perjuangan ini.

BACA : Banyak ASN Tak Netral, Plt Walikota Banjarmasin Sebut Sanksi Tinggal Tunggu Waktu

Bagi Hermansyah, ASN merupakan garda terdepan bagi Pemkot Banjarmasin dalam membangun citra dan nama baik, terutama terkait pelayanan publik. Termasuk, menjaga netralitas ASN sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan saat pilkada.

Senada itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Kota Banjarmasin, Ahmad Syaffri Azmi menegaskan agar ASN tetap menjaga netralitasnya selama perhelatan pilkada yang tengah berlangsung seperti sekarang.

BACA JUGA : Bawaslu Banjarmasin Telusuri Keterlibatan ASN Tak Netral dalam Pilwali 2020

Syaffri mengungkapkan saat ini pemerintah kota tengah fokus pada pemulihan ekonomi, usai beberapa bulan dihantam wabah Covid-19.

“Makanya, kita sebagai PNS harus netral, tidak kemana-mana, tapi ada di mana-mana untuk melayani masyarakat,” kata Syaffri.

Menariknya, dalam prosesi pengambilan sumpah janji ASN ini tak hanya diikuti mereka yang lulus dalam seleksi CPNS tahun anggaran 2019. Namun, ada pula beberapa ASN yang belum menjalani hal itu, turut tergabung dalam pengambilan sumpah massal tersebut.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.