Disorot Publik, Akhirnya Pembelian Tiga Sedan Lexus bagi Tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel Ditunda

0 199

PEMBELIAN tiga unit mobil dinas (mobdin) tergolong mewah jenis Lexus RX300 Sport seharga Rp 1,8 miliar untuk tiga Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, akhirnya ditunda. Ini setelah, derasnya sorotan publik yang menuding DPRD Kalsel tak peka dengan kondisi masyarakat.

PENUNDAAN untuk pengadaan tiga mobdin sedan wah yang menghabiskan anggaran Rp 5,4 miliar itu, dianggap tak tepat waktunya. Akhirnya, alokasi anggaran itu pun dimasukkan kembali ke pos Sekretariat DPRD Kalsel dalam APBD Kalsel tahun anggaran 2021.

Pertimbangan penundaan pengadaan tiga unit Lexus gress itu mengacu pada kelayakan dna kewajaran anggaran di pos DPRD Kalsel.  Terlebih lagi, saat ini terjadi pengurangan atau efesienasi anggaran yang akan difokuskan untuk penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) di daerah ini.

BACA : Ketua Forbes Kalsel : Sedan Lexus Mewah untuk Tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel Tak Pantas!

“Pembelian mobil Lexsus untuk tiga wakil ketua dewn ditunda dulu. Tahun depan direncanakan lagi tapi dengan merek dan jenis yang berbeda,” ujar Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK kepada awak media di ruang kerjanya, Banjarmasin, Senin(16/11/2020).

Dengan adanya pembatalan itu, Supian menegaskan pihak Sekretariat DPRD Kalsel tidak melakukan ganti rugi. Ini dikarenakan, pengadaan tiga unit sedan mewah itu belum sempat ditandatangani kontrak antara pemenang lelang dengan pihak Sekretariat DPRD Kalsel selaku pengguna.

“Kita apresiasi atas pemahaman semua pihak, yang mana akan terjadi penyesuaian anggaran untuk pengadaan mobil dinas. Namun juga harus dipahami, jika mobil dinas pimpinan dewan yang digunakan sekarang ini sudah lebih enam tahun,” kata legislator Golkar ini.

Supian menjelaskan rencana penggunaan anggaran yang cukup besar untuk pengadaan mobil Lexus senilai 5,4 miliar ini dilakukan sebelum pandemi Covid-19. Hal ini berkaca pada acuan kapasitas tenaga mesin mobdin yang bisa menopang kinerja pimpinan dewan sesuai ketentuan.

Soal dirinya selaku Ketua DPRD Kalsel yang terlebih dulu mendapat jatah dua unit mobdin yakni Toyota New Camry seharga Rp 650 juta dan jenis Land Crusser senilai Rp  2,4 miliar, Supian membenarkannya.

BACA JUGA : Tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel Dijatah Sedan Lexus Mewah, Presdir BLF : Sakiti Hati Rakyat

Menurutnya, pengadaan dua unit mobdin itu sudah lama diusulkan pada anggaran tahun 2020 yang dibahas pada akhir 2019. “Ya, benar, mobdin ini untuk menunjang kedinasan pimpinan dewan, sebab levelnya setaraf dengan Gubernur Kalsel,” kata Supian.

Disinggung komitmen upaya efesiensi penggunaan anggaran di masa sulit seperti pandemi ini, dirinya tetap komitmen untuk berhemat diberbagai sisi.

“Itu komitmen kami untuk efesiensi anggaran di dewan,” tandas Supian.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.