Ketua Forbes Kalsel : Sedan Lexus Mewah untuk Tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel Tak Pantas!

0

PENGADAAN tiga mobil sedan mewah untuk tiga Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan jenis Lexus RX300 Sport seharga Rp 1,8 miliar, terus disorot publik. Apalagi, dana yang digunakan untuk membeli tiga sedan rilisan pabrikan Jepang berasal dari APBD-Perubahan Kalsel tahun 2020 segede Rp 5,4 miliar.

“SEBENARNYA hal biasa untuk menunjang kinerja dewan dalam bentuk mobil dinas (mobdin), karena memang anggaran sudah disiapkan. Hanya saja, untuk membeli mobil jenis tertentu sekelas Lexus, sangat kurang elok karena disetting mobil mewah,” ucap Ketua Forum Bersama (Forbes) Kalimantan Selatan, Rizal Lesmana kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Sabtu (14/11/2020).

Menurut Rizal, jika DPRD Kalsel itu peka dengan kondisi perekonomian masyarakat, maka tidak mungkin melakukan hal tak populis itu. Sebab, kata dia, keterpurukan yang dialami masyarakat juga segaris lurus dengan kondisi keuangan daerah.

“Walau sudah ada ketentuan klasifikasi mobdin itu telah ditentukan, namun perlu kebesaran jiwa bagi pengambil keputusan. Sebab, pencitraan dewan dengan mendapat mobdin mewah tidak perlu dan tidak produktif. Hal ini memicu jurang pemisah dengan konstituen yang bisa berpikiran konsumtif dan koruptif,” papar aktivis LSM ini.

BACA : Empat Mobdin Baru Diusulkan Dikasih Logo dan Tulisan DPRD Kalsel

Rizal mengingatkan para wakil rakyat jangan terlalu vulgar dalam menggunakan uang rakyat dalam APBD, karena sepatutnya DPRD Kalsel itu juga berpikir atau berasumsi jika itu buat duit sendiri. “Dalam bahasa Banjar, lain duitku jua. Seharusnya, mengatur uang rakyat sama dengan mengelola uang sendiri, harus selektif, jelas arahnya dan berhemat, karena kondisi sekarang,” kata Rizal.

Nah, menurut Rizal lagi, jika sudah dialokasikan anggaran tunjangan transportasi pimpinan DPRD, kalau telah memiliki mobdin yang ada, mengapa harus membeli mobil mewah sekelas Lexus.

Menariknya, dalam finalisasi RAPBD Provinsi Kalsel tahun 2012 yang akan dibawa ke rapat paripurna pada Kamis (19/11/2020), Badan Anggaran DPRD Kalsel justru menyorot soal penggunaan anggaran di Pemprov Kalsel. Lagi-lagi, seperti dilontarkan Wakil Ketua DPRD Kalsel M Syaripuddin agar bisa menerapkan efesiensi anggaran, terutama dari porsi belanja.

BACA JUGA : Tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel Dijatah Sedan Lexus Mewah, Presdir BLF : Sakiti Hati Rakyat

DPRD Kalsel menyorot soal penggunaan dana belanja salah satu satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Pemprov Kalsel yang mencapai Rp 16 miliar pada APBD 2020, naik menjadi Rp 29 miliar direncanakan pada tahun anggaran 2021.  Ada pula, SOPD yang lain diketahui membelanjakan anggaran Rp 63 miliar pada 2020, naik jadi Rp 83 miliar pada 2021.

Ada pula, untuk sekadar kegiatan koordinasi dialokasikan SOPD sebesar Rp 7 miliar. Bagi Wakil Ketua DPRD Kalsel asal PDI Perjuangan yang akrab disapa Bang Dhin, uang Rp 7 miliar bisa membangun jalan sepanjang 7 kilometer.

BACA JUGA : Kendati Mobil Dinas Ditarik, Penghasilan Wakil Rakyat Bertambah

Ternyata, Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel Riduansyah mengakui adanya rencana pembelian mobil dinas baru jenis SUV merek Lexus tipe RX 300 Sport dengan harga per unit Rp 1,8 miliar. Total yang dibelanjakan untuk tiga unit mobil mewah itu segede  Rp 5,4 miliar.

Dana pembelian mobdin untuk tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel dicomot dari DPA di APBD-Perubahan Tahun Anggaran 2020, bahkan telah ditenderkan Unit Pengadaan Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel dan telah dilakukan verifikasi pemenang tender. Hingga, ada pemenangnya sebuah perusahaan dari Semarang, Jawa Tengah.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.