Masyarakat Balangan Diajarkan Mengolah Ikan Lele Jadi Krupuk dan Abon

0

UNTUK mendukung perekonomian warga dan program budidaya perikanan yang selama ini sudah berjalan Dinas Perikanan kabupaten Balangan terus berupaya meningkatkan produktivitas  perikanan, salah satunya dengan mengelar Pelatihan Teknologi pengolahan Ikan.

KEPALA Dinas Perikanan Kabupaten Balangan, Rudi menyampaikan, pelatihan olahan produk ikan ini merupakan salah satu upaya guna meningkatkan SDM masyarakat, agar dapat menggali potensi dan menumbuh kembangan kewirausahaan sesuai potensi lokal yang khususnya bidang perikanan.

“Kegiatan ini juga untuk mempersiapkan dan meningkatkan peluang usaha guna menompang perekonomian keluarganya. Jadi masyarakat tidak hanya bergantung pada sektor pertanian tapi juga bisa mengoptimalkan bidang budidaya dan pengolahan hasil perikanan,’’ ungkapnya.

Pelatihan sendiri, menurut Rudi, berkaitan dengan cara pengolahan ikan lele menjadi produk olahan menjadi produk makanan seperti abon dan kerupuk lele.

“Dengan pelatihan ini, peningkatan jumlah produksi produk pengolahan ikan yang bervariasi sehingga nilai tambah dari budidaya ikan juga tercapai,’’ bebernya.

Selain nilai tambah, menurut dia, pe;tihan ini juga bertujuan bisa meningkatkan konsumsi masyarakat pada ikan, khususnya ikan lele.

“Selama ini ikan lele kurang diminati masyaraat kita untuk dikonsumsi dibanding ikan lain. Dengan adanya diversifikasi olahan lele menjadi abo, kerupuk dan lainnya diharapkan dapat meningkatkan jumlah konsumsi lele pada masyarakat,’’ pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.