Gandeng Perpusnas RI, Dipsersip Kalsel Gelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar Sosialisasi Jabatan Fungsional Pustakawan Kalsel, di Banjarmasin, Rabu (11/11/2020).

KEGIATAN ini diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional RI, dan dihadiri sekitar 50 pustakawan dari kabupaten/kota se Kalsel ini, dibuka resmi Kepala Dispersip Kalsel,Nurliani Dardie yang disampaikan oleh Sekretaris M. Ramadhan.

Sosialisasi ini digelar, selain meningkatkan kompetensi pustakawan, juga untuk menjaring tenaga baru, agar dapat menambah jumlah pustakawan di Kalsel.

Apalagi saat ini, jumlah pustakawan di Kalsel hanya ada 111 orang, yang dinilai sangat kurang dan berbanding jauh dengan banyaknya jumlah perpustakaan.

“Ini salah satu rangkaian kegiatan untuk merekrut para pustakawan baru, sehingga lewat sosialisasi ini, para pemerintah kabupaten/kota bisa mengajukan permohonan ke Badan Kepegawaian Daerah masing-masing, agar membuka formasi tenaga fungsional pustakawan, atau inpassing dari ASN,” ungkap M. Ramadhan.

Dalam sosialisasi ini juga dipaparkan, terkait peningkatan atau pengembangan karier seorang fungsional pustakawan, sesuai dengan prestasi dan potensi yang dimilikinya, agar dapat memberikan pelayanan yang prima kepada mesyarakat.

BACA JUGA : Dispersip Kalsel Gelar Pertemuan Bersama Duta Baca dan Penggiat Perpustakaan

“Mereka ini kebanyakan adalah orang-orang yang baru diangkat dalam jabatan fungsional pustakawan. Ada yang pengangkatan baru, ada yang pengangkatan melalui inpassing, dan ada yang pengangkatan dari alih fungsi jabatan dari struktural ke fungsional,” jelas Adriati Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI.

 Dia menyatakan untuk pengembangan karier Pustakawan Perpusnas RI dan Dispersip Kasel mensosialisasikan kegiatan ini.

“Karena bagi seorang fungsional itu, untuk kenaikan pangkat dan jabatan mereka, nanti itu menggunakan angka kredit, nah itu lah yang kita jelaskan kepada mereka ini, bagaimana supaya karir mereka kedepan bisa lebih baik,” tutup Ardiati. (Jejakrekam) 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.