Jadi Pemandu Jalan, Paman Birin : Peran Ulama Sangat Strategis bagi Banua

0

PROVINSI Kalimantan Selatan terkenal sebagai Banua yang religius dan banyak menghasilkan ulama-ulama tersohor. Seperti Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari dan KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, serta banyak lagi tokoh-tokoh agama lainnya.

ULAMA mempunyai peranan penting dan strategis dalam sejarah berdirinya Bumi Lambung Mangkurat atau Bumi Antasari. Hingga sekarang pun pembangunan di Kalsel tidak lepas dari peranan para ulama.

Ulama di mata H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birini ini mengibaratkan suluh di tengah kegelapan. Mereka adalah pemandu jalan di tengah belantara kehidupan dunia. Mereka merupakan mursyid (pembimbing) bagi manusia dalam menjalankan kewajiban beribadah kepada Allah SWT.

BACA : Riset Tiga Tahun, Humaidy Siap Luncurkan Biografi 150 Ulama Berpengaruh di Tanah Banjar

Laulal ‘Ulama Lasharan Naas Kal Bahaaim. Andai bukan karena ulama, manusia bagaikan binatang,’’ kata Sahbirin Noor, mengutip pendapat Imam Hasan Al-Bashri Rahimahullah.

Dikemukakannya, manusia tidak akan dapat merasakan kebahagian dalam kehidupan tanpa adanya mental spiritual yang bagus. Spirit ini dapat menata suasana jiwa yang nyaman dan mendamaikan. Dia adalah modal utama dalam menciptakan keadaan yang menyenangkan dalam diri manusia.

“Pembangunan mental spiritual juga merupakan awal dari segala macam pembangunan.  Tidak ada makna sama sekali pembangunan bidang lain yang super sukses sekalipun, tanpa didahulukan oleh pembangunan jiwa manusia,’’ ucap Paman Birin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.