Dianggarkan di APBD, Jalan Kandui-Montallat Alami Kerusakan Segera Diperbaiki

0

JALAN penghubung antara ibukota Kandui Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, mengalami kerusakan parah. Sejumlah titik kerusakan hampir merata hingga menuju Kelurahan Montallat.

SELAIN banyaknya titik kerusakan  juga diperparah beberapa jembatan yang kontruksinya kayu ulin turut mengalami hal serupa. Bahkan, mengalami kemiringan dan penurunan. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara,  Iman Topik saat meninjau ke lokasi, memastikan kerusakaan jalan itu akibat tidak kuat menahan beban berar, terutama angkutan yang melebihi tonase.

Selain menimbulkan lubang berkubang lumpur, juga beberapa titik ruas mengalani penurunan. Seperti terlihat di wilayah Kelurahan Montallat. 

“Dengan kerusakan jalan tersebut, maka jarak waktu tempuh yang biasanya satu jam dari Kandui menuju Kelurahan Montallat akhirnya bisa hampir dua jam,” kata Imam kepada awak media, Kamis (5/11/2020).

BACA : Rusak Parah, Dinas PUPR Barut Geber Perbaikan Jalan di 10 Titik

Menurutnya, pemerintah daerah melalui Dinas PUPR dalam APBD tahun 2021 akan mengalokasikan untuk perbaikan. Terutama di sejumlah titik kerusakan di beberapa desa yang dilewati. 

Namun, kata Imam, untuk jalan yang mengalami penurunan di Kelurahan Montallat akan dilakukan perbaikan dengan menggunakan rigit atau cor beton.

“Penggunaan rigit ini juga sesuai dengan struktur tanah yang mengalami penurunan.  Dengan sistem rigit, jalan lebih bagus karena tidak mudah rusak, apalagi kondisinya sekarang berada di dekat rawa,” pungkasnya.(jejakrekam) 

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.