Nakhodai DPD KAI Kalsel, Budjino Bakal Segera Lakukan Pembenahan Organisasi

0

PENGURUS Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI), resmi melantik kepengurusan DPD KAI Kalsel yang di nahkodai oleh Budjino A Salan, SH, MH, Sabtu (31/10/2020), di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

BUDJINO
mengatakan, dirinya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengembalikan kejayaan KAI Kalsel seperti dulu ketika jumlah anggotanya kurang lebih mencapai 400 orang.

“Bersama dengan kepengurusan yang baru dilantik, apalagi diisi dengan orang orang advokat berkompeten tentu hal tersebut bisa dicapai,” tegasnya disela acara pelantikan.

Dirinya tidak memungkiri bahwa banyak anggotanya yang hijrah ke organisasi lain, disebabkan KAI belum bisa untuk melaksanakan angkat sumpah advokat. Melihat kondisi tersebut, bersama para pengurus advokat yang baru dilantik, akan sesegera mungkin dirinya bersiap melakukan pembenahan organisasi.

“Kita akan mulai dengan melakukan verifikasi anggota, sehingga apabila ada rekanan yang sudah hijrah ke organisasi lain, maka akan kita kondisikan,” ucapnya.

Adapun program yang terlebih dahulu akan dilakukan yakni melaksanakan rapat kerja daerah menentukan arah organisasi, proses penerimaan anggota baru hingga melakukan ujian dan pendidikan advokat sampai proses magang selama 2 tahun.

“Kita akan menjalakan program jangka pendek dan jangka panjang tiga bulan kedepan, termasuk untuk pendidikannya,” bebernya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mengajukan pertanyaan ke Mahkamah Agung (MA) terkait maraknya organisasi advokat yang mulai bermunculan. Termasuk adanya kepengurusan organisasi advokat yang didirikan bukan dari Undang- Undang (UU) Advokat.

“Kita akan koordinasikan juga dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi, hanya PERADI dan KAI yang sah dan diakui oleh negara. Semoga MA bisa menertibkan organisasi advokat yang didirikan tidak berdasarkan UU advokat,” tambahnya.

Sementara itu perwakilan DPD KAI pusat Wanto A Salan, SH, MH berharap dengan kepengurusan KAI Kalsel bisa bekerja maksimal dan mengembangkan organisasi menjadi lebih baik lagi, serta tidak hanya sekadar pasang nama di kepengurusan saja.

“Semoga dengan pengurus yang baru dapat memiliki tanggung jawab berkembangannya organisasi, agar kedepannya menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.