Terbesar Pasca Insiden Sebuku, Ratusan Rumah di Patmaraga Kotabaru Ludes Dilalap Api

0

KEBAKARAN hebat melanda Desa Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kabupaten Kotabaru, Jum’at (30/10/2020) dinihari. Dari informasi yang dihimpun, insiden ini mengakibatkan sekitar 150 rumah di kawasan permukiman padat penduduk ludes dilalap api.

MENGACU data dari relawan BPK dan emergency gabungan yang diterima jejakrekam.com, perisitiwa ini mulai bikin heboh warga sekitar pukul 02.30 WITA. Mulanya, ada satu rumah warga yang kosong, lalu memantik api untuk menyebar.

Namun demikian, belum ada keterangan resmi dari polisi ihwal penyebab pasti kejadian tersebut. Plt Kepala BPBD Kotabaru juga tak kunjung merespons.

BACA JUGA: 15 Hari Pasca Kebakaran, Kolaborasi Relawan Sapa Kembali Sungai Bali

Berdasarkan penuturan Fatimah, warga setempat, api menjalar begitu cepat lantaran rumah mayoritas berbahan kayu. Praktis, ratusan rumah pun dalam hitungan jam ludes dilalap api.

Kondisi angin yang cukup kencang dinihari tadi juga memicu api mudah menyebar dari satu titik ke titik lainnya. Namun, kobaran tak menjalar ke seberang permukiman warga karena personel pemadam kebakaran juga bersikeras memblokade sebaran api.

BACA JUGA: ACT-MRI Kalsel Berikan Dampingan Psikososial Bagi Anak-Anak Pulau Sebuku

Dari informasi grup relawan dan emergency, tak ada korban jiwa dari kejadian ini. Catatan kerugian serta penyebab pasti insiden belum bisa ditaksir karena otoritas pemerintah dan aparat belum menyampaikan keterangan resmi ke media massa.

Sekadar mengingatkan, insiden kebakaran di Desa Kotabaru Tengah ini merupakan peristiwa kebakaran hebat kedua pasca insiden kebakaran di Sungai Bali Pulau Sebuku pada November, akhir tahun 2019 tadi. Di sana, tercatat ada 200 rumah terbakar dan 750 jiwa terpaksa mengungsi. (jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.