Harumkan Kalsel di Level Nasional, Smalie Pacu Prestasi Siswa di Tengah Pandemi

0 564

KONDISI pandemi virus Corona (Covid-19) tak menyurutkan semangat siswa SMA Negeri 5 (Smalie) Banjarmasin untuk meraih prestasi baik di level Provinsi Kalimantan Selatan maupun nasional.

WAKIL Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMAN 5 Banjarmasin, H Abdul Karim Zaidan mengungkapkan berbagai upaya telah dilakukan pihak sekolah dalam mendukung siswa guna meraih prestasi di berbagai bidang.

Abdul Karim Zaidan menyebut dukungan itu seperti program self-improvement dengan melakukan tutoring, pendampingan dan pembekalan yang intensif baik secara daring dan luring kepada siswa-siswi yang terpilih.  Utamanya, mereka untuk mewakili sekolah dalam mengikuti lomba.

“Program ini tidak akan berhasil tanpa adanya kerjasama yang solid antara koordinator dan pembina ekstrakurikuler yang dipegang oleh Ibu Riama Hutapea dan dibantu oleh Bapak Sain Al Huda,” ujar H Abdul Karim Zaidan kepada jejakrekam.com, Kamis (29/10/2020).

BACA : SMAN 5 Banjarmasin Bergerak Maju Sepanjang Waktu

Menurut dia, dengan sokongan itu, semangat dan dedikasi siswa-siswi pada gilirannya melahirkan prestasi di berbagai bidang. Karim menyebutkan beberapa kompetisi yang dimenangkan SMA Negeri 5 Banjarmasin antara lain.

Yakni, juara 1 Presentasi Gambar Lomba Palang Merah Indonesia 2020 tingkat nasional yang diraih oleh Santa Ayu Jelita, M Azkaa Atqiaa, dan Annisa Fajrin Rahmadianti.

Kemudian, juara 1 Monolog dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan mewakili Kota Banjarmasin hinga di tingkat nasional yang disabet Muhammad Taqwa Ridha.

Berikutnya, juara 2 Komik Digital Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang didulang Wahidatun Ni’mah.

Ada pula, juara 3 Tari Kreasi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2020 tingkat Provinsi yang ditempati Krisna Puteri Kelana.

Prestasi lainnya adalah finalis 10 besar Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) 2020 Tingkat Provinsi Kalsel yang direbut oleh Ermy Marlinda, Muhammad Fahrul Razi, Rina Maulina.

BACA JUGA : Debat Antar Siswa Meriahkan Baiman Show SMAN 5

Mengagumkan lagi, duta SMAN 5 Banjarmasin ini juga terpilih sebagai juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi dalam Milad Ukhuwah Tahun 2020 yang ditorehkan oleh Ermy Marlinda.

Bagi Karim, prestasi yang telah diukir siswa-siswi tidak luput dari apresiasi dan penghargaan dari Kepala SMA Negeri 5 Banjarmasin.

“Saya selalu mendorong dan memotivasi anak-anak untuk konsisten mencetak prestasi meski dalam situasi pandemi sekarang ini.  Selain menyediakan fasilitas, monitoring program yang dilakukan oleh pembina ekstrakurikuler dalam memberikan pembekalan dan materi, saya juga lakukan agar mendapatkan hasil yang optimal,” tutur Kepala Sekolah SMAN 5 Banjarmasin, H Mukhlis Takwin.

Menurut dia, bentuk apresiasi yang diberikan oleh sekolah adalah dengan memberikan piagam penghargaan. Ke depan, kata dia, akan lebih ditingkatkan dengan memberikan fasilitas penunjang pendidikan bahkan beasiswa kepada mereka yang berprestasi.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.