Bawaslu Oke

Wujudkan Perkawinan Berkualitas, Pemkab dan Kemenag Balangan Teken MoU

0 35

PERKAWINAN tak berjalan mulus, berujung perceraian yang didahulu oleh beragam persoalan rumah tangga menjadi kasus sosial yang masih sering terjadi ditengah masyarakat.

GUNA menekan masalah tersebut, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Balangan bersama Kementerian Agama Kabupaten Balangan adakan penandatanganan kesepakatan/MOU (Memorandum Of Understanding) tentang Kerjasama Konseling Pranikah, di aula III Inspektorat Kabupaten Balangan, beberapa waktu lalu.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Balangan, H Muhammad Yamani mengatakan pihaknya sangat menyambut baik kesepakatan ini.

“MOU atau kesepahaman kesepakatan ini, dalam rangka kerjasama konseling bagi calon pengantin,” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kerjasama ini pernikahan atau perkawinan masyarakat di Kabupaten Balangan dapat lebih berkualitas. Betul-betul menjadi keluarga yang sakinah, bahagia, sejahtera lahir dan batin.

Selanjutanya, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Balangan, Noor Aspariah menyampaikan kegiatan ini adalah tindak lanjut program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang peningkatan kualitas keluarga.

Di mana para calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan, mendapatkan bimbingan dari segi psikologis dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang bagaimana membangun dan mendidik keluarga dengan tetap memperhatikan hak-hak anak.

“Kami dari Dinas Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak juga ingin memberikan bimbingan dari segi psikologis. Kalau selama ini dari kementerian agama sudah memberikan nasehat perkawinan dibidang keagamaan,” ujarnya.

Aspariah mengatakan konseling pranikah ini akan dilaksanakan di 2 kecamatan terlebih dahulu, Kecamatan Paringin dan Paringin Selatan. Kemudian akan diberlakukan pada November 2020.

“Kami juga akan melaksanakan sosialisasi dengan kepala desa yang ada di 2 kecamatan tersebut,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.