Sudah Dilabel Zona Hijau, 24 Kelurahan di Banjarmasin Masih Catat Kasus Covid-19

0 108

ADA hal janggal pada data terakhir yang dirilis Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin per Senin (26/10/2020) pukul 16.00 Wita. Merujuk data itu, ada 40 kelurahan zona hijau dan 12 berstatus zona kuning.

DARI penelusuran jejakrekam.com, dari total 40 kelurahan zona hijau di data tersebut, sebanyak 24 kelurahan yang masih mencatat ada kasus virus corona (Covid-19).

Sebagai contoh, Kelurahan Miai hingga saat ini mencatat total kasus sebanyak 139 penderita Covid. Sebanyak 122 orang di antaranya berhasil sembuh dan ada 6 kasus kematian akibat virus corona.

Berdasar data itu, dapat disimpulkan saat ini masih 11 kasus di kelurahan yang terletak di Kecamatan Banjarmasin Utara tersebut.

Lantas, apa indikator Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin dalam menetapkan status zonasi di kelurahan?

BACA JUGA: Banjarmasin Resmi Keluar Dari Status Zona Merah Covid-19, Kadinkes: Jangan Terjebak Euforia

Juru Bicara GTPP Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, menyebut ada empat indikator yang dirujuk tim untuk menetapkan status zonasi.

Pertama, tidak ada penambahan pasien dengan kategori suspek dan probable. Lalu, tak ada tambahan case confirmated atau kasus terkonfirmasi.

Kemudian, tidak ada kasus kematian akibat terpapar Covid-19. Dan terakhir, tidak ada tenaga kesehatan yang terpapar corona di wilayah atau kelurahan tersebut.

Masing-masing indikator ini apabila mengalami penurunan jumlah, maka akan mendapatkan 25 point. Sehingga jika syarat empat indikator tadi terpenuhi atau menurun maka totalnya 100 dan sudah bisa ditetapkan sebagai zona hijau.

“Semua indikator tersebut di evaluasi dalam waktu 14 hari lamanya,” terang Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin ini.

Diwartakan sebelumnya, Banjarmasin berhasil keluar dari zona merah Covid-19. Dari 52 kelurahan, saat ini tak ada satu pun yang berstatus zona merah atau bahaya tersebut.

Mengintip data terakhir yang dirilis Dinkes Banjarmasin per Senin (26/10/2020) pukul 16.00 Wita, ada 12 kelurahan yang berstatus zona kuning dan 40 sisanya zona hijau.

Sementara kasus aktif atau penderita Covid yang masih dirawat ada 94 pasien. Dinkes merincikan, sebanyak 36 orang menjalani isolasi mandiri, 16 orang isolasi khusus dan 42 pasien diisolasi di rumah sakit. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Domny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.