Pemkot Bahas RPJMD Kota Banjarmasin 2021-2025 lewat FGD

0

KOTA Banjarmasin menjadi salah satu dari 270 daerah yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017, pemkot juga harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Teknokratik.

PADA Senin (26/10/2020) pagi tadi, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Rancangan Teknokratik RPJMD Kota Banjarmasin tahun 2021-2025, di Kayuh Baimbai Ballroom, Best Western Kindai Hotel.

Penyusunan RPJMD untuk Kota Banjarmasin itu, nantinya akan dilakukan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) setempat.

Rancangan teknokratik itu sendiri menggunakan metode kerangka berpikir ilmiah, denga harapan dapat mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah.

Salah satu tahapannya adalah melalui analisis terhadap kondisi dan potensi daerah serta permasalahan pembangunan yang akan menjadi isu-isu strategis 5 tahun mendatang.

Kegiatan FGD RPJMD Kota Banjarmasin ini sendiri dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota, Hermansyah. Dia berharap, ada masukan dan saran yang ideal, sesuai harapan Pemkot.

BACA JUGA: Terdampak Ibukota Negara Baru, Kalsel Harus Segera Ubah RPJMD

“Kami mengharapkan kepada seluruh komponen pelaku sekaligus pelaksana pembangunan yang hadir untuk memberikan masukan dan saran dalam penyusunan program dan kegiatan perencanaan pembangunan daerah yang akan datang,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, perencanaan pembangunan yang telah disusun itu nantinya akan disatukan juga dengan visi misi kepala daerah yang terpilih.

“Jadi siapapun nanti Walikotanya pemerintah sudah ada programnya, karena SKPD inikan tidak berubah,” jelasnya.

Kegiatan diskusi ini berlangsung selama dua tahap yakni, hari Senin dan Selasa, sesuai dengan jadwal, dengan menghadirkan seluruh SKPD Kota Banjarmasin untuk menghasilkan sebuah rancangan pembangunan Kota Banjarmasin. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.