Bawaslu Oke

Peserta Jambore Penggalang 2020 Kwarcab Tabalong Ikuti Pembekalan

0 38

KWARTIR Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong gelar Pembekalan untuk Kontingen Jambore Penggalang tahun 2020.

KEGIATAN
yang digelar Bidang Bina Muda Kwarcab Tabalong ini berlangsung selama dua hari, tanggal 24 hingga 25 Oktober 2020 bertempat di Pangkalan Gudep SMAN 1 Tanjung dan di buka secara resmi oleh Ketua Harian Kwarcab Tabalong, Yuhani. Sabtu (24/10/2020).

Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab Tabalong, Wagimin, kegiatan pembekalan ini diikuti oleh 22 anggota Pramuka Penggalang yang merupakan utusan dari 12 Kwartir Ranting se-Tabalong. “Peserta terbagi atas 12 orang putra dan 12 orang putri,” ungkapnya.

BACA : Buka Wawasan Pelatih, Kwarcab Pramuka Tabalong Gelar Pitaran

Pembekalan ini ungkapnya bertujuan sebagai sarana pembinaan pramuka penggalang yang menitik beratkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada peserta dan meningkatkan solidaritas dan persaudaraan antar pramuka penggalang,” ujarnya. 

Melalui kegiatan ini pihaknya berharap para peserta memiliki karakter yang baik meningkatkan sikap kemandirian, keterampilan persatuan dan kesatuan pramuka penggalang.

“Serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan pramuka yaitu tri satya dan dasa darma,” ucapnya.

BACA JUGA :  Anggota Pramuka Tabalong Dibekali Pelatihan Jurnalistik

Kegiatan ini tambahnya berkerjasama dengan Pusat Pelatihan dan Pendidikan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Tabalong. 

Sementara, Ketua Harian Kwarcab Tabalong, Yuhani, mengatakan kegiatan kepramukaan selalu mengedepankan beragam kegiatan yang bermakna positif. 

“Sasaran utama dari kegiatan ini untuk meningkatkan sikap patriotisme, bertambahnya wawasan ilmu dan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan serta mendorong adik-adik pramuka kearah kemandirian,” ujarnya.

Pihaknya ungkap Yuhani berharap para anggota Pramuka Tabalong dapat mandiri dalam berpikir dan mandiri dalam berkreativitas.

Pramuka sendiri tambahnya telah mengajarkannya banyak hal, termasuk kepemimpinan. Oleh karenanya anggota pramuka yang didominasi para pelajar dan pemuda ini harus bisa menempa diri untuk menjadi pemimpin dimasa depan.

Karena pada hakekatnya gerakan Pramuka merupakan salah satu jenis pendidikan non formal yang menjadi wadah bagi pengembangan potensi diri serta pembangunan akhlak mulia, guna melahirkan kader-kader pemuda pemudi yang tangguh cerdas dan disiplin.

“Serta memiliki sikap sensitivitas sosial tinggi yang kedepan diproyeksikan menjadi pewaris kepemimpinan bangsa yang berintegritas tinggi,” ujar Yuhani. 

Berkenaan dengan dilaksanakannya Pembekalan Jambore Penggalang ini, Yuhani berharap, dapat dijadikan momentum untuk menempa diri dengan sebaik-baiknya guna memperluas wawasan, menambah ilmu pengetahuan dan sekaligus sebagai wahana untuk menimba pengalaman, tidak hanya bagi adik-adik pramuka saja, melainkan untuk pembina dan penyelenggaranya juga.

Sehingga kedepannya, kegiatan seperti ini semakin baik dan terus berkembang setiap tahunnya.

“Semoga juga melalui kegiatan ini mampu melahirkan generasi yang akan  menjadi sosok-sosok calon pemimpin masa depan yang profesional, berkualitas, memiliki kematangan dan kedewasaan, baik dalam berpikir maupun bertindak,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.