Bawaslu Oke

Jembatan Muara Teweh-Jingah Diuji Coba

0 60

PEMERINTAH Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Barut melakukan uji coba beban (loading test) di Jembatan Muara Teweh-Jingah, pada Sabtu (24/10/2020).

UJI coba beban ini merupakan tahapan akhir proyek pengerjaan jembatan Muara Teweh Jingah. Bupati Barito Utara, Nadalsyah juga hadir dalam agenda itu.

“Jembatan merupakan tipe C dengan beban maksimal 110 ton. Rugi bilamana jembatan hanya digunakan oleh pejalan kaki. agar loading test berhasil, sehingga masyarakat tidak was-was dalam melintasi jembatan.

“Meskipun lolos dari uji coba, kami akan membuat Peraturan Bupati bahwa yang melintasi jembatan adalah kendaraan roda 2 dan 4. Kecuali ada hal-hal secara khusus dapat dilewati oleh kendaraan roda 6 ataudump truck,”kata Nadalsyah saat dilokasi.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah, Shalahuddin mengatakan, awalnya jembatan dibangun sejak tahun 2015,di mana tahap awal pengadaan tiang pancang.

BACA JUGA: Jembatan Teweh-Jingah Hampir Rampung

Pembangunan jembatan konstruksi rangka baja lengkung dan beton sepanjang sekitar 332 meter, lebar 5 meter serta bentang tengah jembatan 220 meter.

Adapun alokasi anggaran sebagian besar menggunakan APBD Kabupaten Barito Utara Rp 73,9 Miliar sedangkan Dinas PUPR provinsi hanya kurang lebih Rp 29,9 miliar.

Shalahuddin juga mengatakan, saat ini jembatan akhir tahun ini dapat digunakan untuk penyeberangan. “Untuk saat ini hanya tinggal pagar pengaman kanan kiri yang belum selesai, dan sudah kita lihat sekarang menunggu pinising,” kata Shalahuddin. (jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.