Bawaslu Oke

Dibina Adaro, Desa Jaro Berhasil Raih Penghargaan Tropi Proklim Utama 2020

0 59

DESA Jaro, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, berhasil raih penghargaan Tropi ProKlim (Program Kampung Iklim) Utama tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

PENGHARGAAN
tersebut diserahkan pada puncak kegiatan Festival Iklim tahun 2020 KLHK RI yang diikuti secara virtual di Aula Nan Sarunai, Sekretariat Daerah Tabalong, Jumat (23/10/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabalong, Rowi Rawatianice, menyampaikan penghargaan yang diterima kali ini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa, karena hanya ada 24 kabupaten kota se-Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.

BACA : Adaro CSR AWARD, Penghargaan Bagi Mereka Di Garda Terdepan

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa karena perbandingannya di Indonesia ada sekitar 300 lebih kabupaten kota dan kita masuk di 24 itu,” ujarnya.

Ke depan tambahnya Tabalong akan mencoba untuk meraih penghargaan yang lebih tinggi lagi, yaitu penghargaan Lestari karena tahun 2020 ini Tabalong sudah berhasil mencapai penghargaan utama.

“Kita optimis untuk mencapai Lestari, karena kita belajar dari yang utama ini kemarin kerjasama semua pihak dukungan semua pihak, termasuk dukungan pak bupati total, saya yakin pencapaian ini tentu saja membuat kita semakin bersemangat untuk mencapai penghargaan kategori lestari,” ucapnya.

Sementara, Camat Jaro, Suwandi, mengatakan penghargaan ini atas keterpaduan dan kerjasama antara unsur pemerintah daerah, perusahaan, dan masyarakat.

BACA JUGA :  Adaro Distribusikan Bantuan Bagi Korban Banjir

Menurutnya yang perlu dikembangkan dalam ProKlim ini adalah bagaimana mensinergikan tata kelola yang ada di Desa Jaro.

“Tata kelola bagaimana untuk menata lingkungannya dan menata iklimnya supaya bisa menjaga agar tetap asri,” ungkapnya.

Lebih lanjut atas penghargaan ini, Suwandi mengaku sangat bersukur dan berharap agar ke depannya dapat mempertahankannya.

“Karena ikon-ikon yang ada di desa Jaro akan membawa suatu dampak positif kedepannya untuk daerah-daerah disekitar kabupaten Tabalong sendiri,” harapnya.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI selaku Pembina Program Kampung Iklim tahun 2020.

BACA LAGI : Lagi, PT Adaro Serahkan Ventilator Ke Gugus Tugas Di Tabalong

Acara penyerahan penghargaan ProKlim tahun 2020 secara virtual ini dihadiri Asisten Perekonomian dan pembangunan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Kepala Disporapar, dan perwakilan pihak perusahaan yang ada di Tabalong.

Terpisah, CSR Dept Head PT Adaro Indonesia, Leny Marlina, mengatakan Desa Jaro merupakan salah satu desa binaan CSR PT Adaro Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan trophy desa proklim “utama” tingkat nasional tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup. 

“Keberhasilan ini berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik antara CSR PT Adaro Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong dan masyarakat Desa Jaro,” ujarnya.

Seperti diketahui, Trophy Proklim ini ada 4 tingkatan, Pratama, Madya, Utama dan Lestari. Tingkatan Lestari adalah yang tertinggi. 

Untuk mendapatkan Trophy Proklim Lestari, minimal kelompok tersebut telah mengembangkan kegiatan proklim ke 10 lokasi desa atau dusun lainnya.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa PT Adaro Indonesia sangat peduli dengan isu-isu lingkungan yang berkembang dewasa ini,” ujarnya.

Isu lingkungan ini tambahnya telah menjadi permasalahan prioritas karena peningkatan kerusakan lingkungan yang mulai mengakibatkan perubahan bentang alam termasuk perubahan iklim. 

Perubahan iklim pun lanjutnya menjadi salah satu pembahasan strategis dalam perkembangan isu lingkungan. 

Dengan adanya herakan masyarakat yang sadar akan kelestarian lingkungan diharapkan mampu terwujud melalui Kampung Iklim (Proklim). 

“Ke depan kita berharap masyarakat dapat lebih bersahabat dan beradaptasi lagi dengan alam, dan tentu kita akan terus mendukungnya,” pungkas Leny .(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.