Sampah Sisa Aksi Demo di Jalan Lambung Mangkurat Dipungut Komunitas Ojol

0

ADA permandangan inspiratif dan patut dicontoh, selepas aksi demonstrasi kaum buruh di pusat kota Banjarmasin yang menolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja, Kamis (22/10/2020).

SEJUMLAH orang yang berasal dari komunitas Ojek Online di Kalsel melakukan aksi bersih-bersih di ruas Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. Satu per satu sampah dipunguti oleh mereka.

Kondisi jalan, trotoar, hingga pagar gedung yang kerap dipenuhi sampah, mengetuk keinginan sejumlah ojek online membersihkannya. Aksi bersih-bersih sampah ini, rupanya juga sudah digeluti para ojek online di tiap kali gelaran aksi.

BACA : Buruh di Banjarmasin Gelar Demo Tolak Omnibus Law, Mahasiswa: Belum Komunikasi

Salah seorang ojek online, Muhammad Rizkan mengatakan, setidaknya dengan membersihkan sampah sisa aksi unjuk rasa, mereka juga memberikan kontribusi. Utamanya, menjaga agar kebersihan kota tetap terjaga.

“Inisiatif kami saja, bang. Tiap kali ada demo, kami yang biasa ngepos di sini selalu bantu-bantu membersihkan sampah sisa aksi unjuk rasa,” ucapnya.

Aksi komunitas ojol ini rupanya juga memantik reaksi para penjaja makanan atau minuman. Tanpa sungkan, mereka lantas membantu para ojol itu membereskan sampah yang berserakan.

BACA JUGA : Cerita Nakes Kawal Aksi Tolak UU Ciptaker, Pernah Bingung Tangani Demonstran Kesurupan

Bukan hanya itu, para penjaja makanan atau minuman juga memberikan minuman hingga makanan secara gratis kepada para ojol yang membereskan sampah sisa-sisa pengunjuk rasa.

“Saya senang bisa melihat dan berpartisipasi di kegiatan seperti ini. Aksi sosial seperti ini juga tak kalah penting untuk ditumbuhkan,” ucap seorang penjual minuman, Ismail.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.