Polsek Juai Buat Ruangan Khusus untuk PPA

0

POLSEK Juai terus berbenah dalam mewujudkan pemberian pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Teranyar, pihak Polsek Juai tengah mempersiapkan ruangan khusus konseling unit perlindungan perempuan dan anak (anak yang berhadapan dengan hukum).

RUANGAN
khusus ini diperuntukan nantinya untuk proses pemeriksaan atau sebagainya bagi anak yang berhadapan dengan hukum (ABH). Ruangan yang didesain seperti ruangan anak dengan dinding bergambar kartun tersebut juga dilengkapi dengan ruangan untuk menyesui.

Kapolsek Juai AKP Paisal Kadapi menyampaikan, ruangan ini dibuat khusus untuk unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), karena dikhususkan bagi anak maka dibuat senyaman mungkin bagi anak.

“Karena unit PPA, makanya dibuat senyaman mungkin, ini juga upaya kita dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Paisal, ketika ditemui di Polsek Juai, Selasa (20/10/2020).

Menurut Kapolsek Juai ini, susahnya anak dalam berbicara mengenai keterkaitannya dalam suatu tindak pidana menjadi salah satu kendala dalam proses penyidikan, sehingga Polsek membuat terobosan baru dengan mendesain ruang konseling unit PPA seperti ruang bermain ini diharapkan mampu mempercepat proses penyidikan kasus yang melibatkan anak-anak nantinya.

Terlepas dari itu, Kapolsek Juai Paisal Kadapi menghimbau, masyarakat khususnya para orang tua untuk selalui mengawasi dan memantau aktivitas anak, terlebih saat berada diluar rumah.

Karena orang tua, lanjut dia, mempunyai kewajiban besar untuk melindungi anak. Tetapi dengan bergulirnya waktu banyak pula orang tua yang tidak bertanggung jawab dengan tugasnya sendiri. Disinilah tugas orang tua yang harus mengubah kebiasaan buruk dalam mengasuh anak menjadi orang tua yang bertangung jawab dengan menjalankan kewajibannya dan mentaati aturan hukum sesuai perlindungan anak.

“Orang tua tidak boleh membiarkan anak dilepas begitu saja. Mereka harus tetap diberi perhatian penuh. Adakalanya kelemahan-kelemahan orang tua saat ini tidak mengawasi anak-anak mereka itulah yang dimanfaatkan oleh orang-orang yang mempunyai niat jahat,”tutur Kapolsek.

Sentuhan hangat orang tua, kata Kadapi, akan menjadi kekuatan bagi anak-anak. Anak akan bangkit dari setiap masalah yang ia hadapi karena ada bimbingan dan sentuhan dari orang tua.

“Bimbingan dan sentuhan inilah yang menjadikan anak kuat, secara lahir dan batin. Ayu  kita wujudkan keluarga sebagai lingkungan terdekat bagi anak yang mendukung masa depan anak,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.