Polisi Tutup Tiga Ruas Jalan Banjarmasin saat Aksi Buruh Tolak Omnibus Law

0

AKSI protes tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja bakal kembali digelar pada Kamis (22/10/2020) besok. Kali ini, giliran Aliansi Persatuan Buruh Banua (PBB) yang beraksi.

SEJUMLAH ruas jalan di pusat Kota Banjarmasin dipastikan kembali tak berjalan normal. Pengguna jalan raya pun diminta menghindari tiga titik kawasan yang diprediksi bakal dipadati demonstran.

Satlantas Polresta Banjarmasin berencana akan menutup kawasan Taman Kamboja Banjarmasin di Jalan Anang Adenansi. Yang mana tempat ini merupakan titik awal demonstran berkumpul.

Selain itu, titik kumpul kedua juga sudah ditentukan di halaman utamanya Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Kawasan ini juga direncanakan akan ditutup sementara.

BACA JUGA: Buruh Di Banjarmasin Gelar Demo Tolak Omnibus Law, Mahasiswa: Belum Komunikasi

Kemudian, kawasan ketiga yang akan ditutup adalah ruas Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin. Kawasan ini merupakan titik pusat aksi tepatnya di depan gedung DPRD Kalsel.

Rencananya kawasan tersebut akan ditutup sejak pukul 07.00 WITA. Polisi akan melakukan rekayasa arus lalu lintas sementara, sepanjang aksi tersebut berlangsung.

“Para pengendara diimbau untuk menghindari kawasan tersebut,” ujar Kepala Satlantas Polresta Banjarmasin, AKP Gustaf Adolf Mamuya, Rabu (21/10/2020).

BACA JUGA: Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Singgung Gejala Negara Otoriter, Omnibus Law Hingga Pelanggaran HAM Di Papua

Selain mencegah terjadinya kemacetan arus lalu lintas, pengalihan rekayasa arus lalu lintas diambil agar tak terjadi kerumunan orang. Mengingat saat ini Banjarmasin masih dalam suasana pandemi virus corona (Covid-19). 

Untuk pengamanan rekayasa arus lalu lintas besok, aparat kepolisian nantinya juga akan dibantu oleh sejumlah personil Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.

Sekadar diketahui, rencananya gelombang aksi penolakan omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja akan kembali berlangsung pada Kamis (22/10/2020) besok pagi.

Ruas jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin diprediksi bakal kembali padat. Sebab tujuan titik aksi massa adalah gedung DPRD provinsi Kalimantan Selatan. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.