Bantu Pasarkan Produk, 9.814 Pelaku Usaha Mikro di HSS Terima Bantuan

0

WABAH Corona (Covid-19) berkepanjangan berimbas pada penurunan sektor perekonomian masyarakat. Hal ini dirasakan para pelaku usaha dan buruh pekerja di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

DINAS Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten HSS pun menyalurkan bantuan kepada para pelaku UMKM, buruh pekerja IMK dengan menyerahkan iuran BPJS Ketenagakerjaan dan bantuan alat untuk peserta pelatihan servis AC (pendingin udara).

Bantuan ini secara simbolis diserahkan Bupati HSS Achmad Fikry di halaman Kantor Disnakerkop UKP HSS, Kandangan, Rabu (21/10/2020).

“Selama ini, kami telah melakukan pendampingan pemasaran kepada pelaku UMKM secara online. Ada 24 UMKM yang mendapat pendampingan agar usaha terus berkembang di tengah pandemi,” ucap Kepala Disnakerkop UKP Kabupaten HSS, Hendro Martono dalam laporannya.

Mereka dibantu handphone android guna memasarkan produk di media sosial. Agar lebih efektif, Hendro menyebut ada 8 petugas dari dinasnya yang menangani usaha pelaku UMKM, terkait kualitas produk serta pemasarannya.

“Untuk pelaku usaha mikrim yang telah diverifikasi mendapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta. Untuk di Kabupaten HSS, totalnya ada 9.814 pelaku usaha yang diusulkan dari 11.885 usaha,” ucapnya.

Hendro mengungkapkan proses verifikasi langsung ditangani Kementerian Koperasi dan UMK, sehingga ketika sudah dinyatakan terverifikasi langsung dana bantuan ditransfer ke rekening masing-masing.

“Selain itu, ada bantuan dari Pemprov Kalsel untuk para pekerja industri kecil. Jumlahnya sebanyak 168 orang dengan jumlah bantuan sebesar Rp 100 ribu per orang,” katanya.

Menurut Hendro, guna mengurangi angka pengangguran, para pemuda pun dilatih mahir menjadi tukang servis AC selama 10 hari, diikuti 16 peserta.“Usai pelatihan, mereka diberi peralatan servis AC,” katanya.(jejakrekam)

Penulis iwan Sanusi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.