Sambut Pilgub Kalteng, Masyarakat Diminta Tak Sebar Hoax di Medsos

0

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Utara adakan sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu organisasi masyarakat sipil (OMS) dan media massa pada pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng.

BERTEMPAT di Aula Hotel Armani Jalan Yetro Sinseng, Muara Teweh, Senin (19/10/2020), Ketua Bawaslu Kabupaten Barito Utara, Alamsyah menyampaikan bahwa lembaganya bertugas untuk mengawasi penyelenggara pilkada.

“Kewenangan Bawaslu diatur dalam bab IV Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan profesional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik,” tuturnya.

Dari tugas pokok dan fungsi tersebut, menurut dia, Bawaslu mengemban tugas dalam menciptakan situasi dan kondisi suasana politik yang damai, tertib, serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.

BACA : Badan Kesbangpol Barito Utara Sosialisasi Bantuan Keuangan Parpol

Salah satu narasumber yang hadir Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara, M Iman Topik, juga menjelaskan bahwa dinas kominfosandi selaku perangkat daerah yang membidangi bidang informasi turut serta membantu masyarakat dalam hal penyampaian informasi serta edukasi kepada warga masyarakat. Terutama, melalui media resmi pemerintahan seperti website, instagram, twitter, facebook, dan radio pemerintah daerah yaitu Lembaga Penyiaran Publik Lokal Batara FM.

Ia juga menambahkan dalam pilkada yang akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2020 nanti diharapkan agar seluruh warga masyarakat Kabupaten Barito Utara, dapat bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

“Jangan sampai pilkada yang nantinya diciderai dengan berita yang bersifat hoax atau tata cara penyampaian aspirasi yang melanggar peraturan,” ucap M Imam.

BACA JUGA : Protes Pengesahan UU Ciptaker, Mahasiswa-Ormas di Barito Utara Turun ke Jalan

“Mari ciptakan pilkada dengan tertib, aman dan damai serta dengan situasi dan kondisi yang kondusif. Gunakan media informasi dengan bijak dan sesuai peraturan yang berlaku serta hindari informasi-informasi yang bersifat hoax. Masyarakat diimbau untuk mencari informasi dari media-media yang jelas sehingga penyampaian informasinya jelas, tepat dan akurat,” tutur Iman.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh beberapa narasumber serta sesi tanya jawab oleh tamu undangan yang berhadir. Acara dihadiri oleh Ketua Bawaslu Barito Utara, Alamsyah, Plt Kesbangpol Barito Utara H Masdulhaq, Kepala Dinas Kominfo Sandi M Iman Topik dan Ketua PWI Barito Utara, Herman serta Tim Pemenangan Cagub-Cawagub Kalsel masing-masing paslon, partai politik, mahasiswa, insan pers, ormas dan tamu undangan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.