Izin GTPP Covid-19 Telah Dikantongi, XXI Banjarmasin Buka Lagi

0 150

SEMPAT buka sehari kemudian tutup lagi, bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin akhirnya kembali beroperasi sejak Sabtu (17/10/2020) hari ini.

DIBUKANYA bioskop satu-satunya di ibukota Kalsel itu lantaran diklaim sudah mengantongi izin Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Banjarmasin.

“Setelah kita dapat izin dari tim GTPP termasuk dari Satgas Covid-19, hari ini kita memutuskan untuk buka kembali,” kata Manager Operasional Duta Mall Banjarmasin, Yenny Purwanty kepada awak media.

Yenny menyatakan, bioskop dibuka sudah sesuai dengan mekanisme yang dijalankan. Di samping itu, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI).

BACA : Tak Kantongi Izin, Bioskop XXI Banjarmasin Tutup Lagi Setelah Sehari Beroperasi

“Di pusat juga sudah buka bioskop, seperti Jakarta, dan Bandung. Untuk di Banjarmasin sendiri angka Covid-19 dinilai sudah mulai menurun secara signifikan,” ujarnya.

Sejumlah mekanisme pengetatan protokol kesehatan telah diatur oleh pihak pengelola. Mulai dari pintu masuk utama kawasan bioskop, sampai jarak duduk di dalam studio.

Selain itu, kapasitas maksimal penonton hanya dibatasi sebanyak 50 persen dari total kursi yang tersedia. Jam penayangannya pun harus dipangkas hanya 4 kali saja.

“Dari total 10 teater yang tersedia, untuk tahap ujicoba ini hanya dibuka sebanyak lima teater dulu,” ujar Yenny.

BACA JUGA : Minim Pengunjung, Bioskop XXI Banjarmasin Berpotensi Tutup Lagi

Dari pantauan jejakrekam.com di lapangan, satu per satu warga ibukota Kalsel mulai berdatangan ke kawasan bioskop Duta Mall. Kendati jumlahnya tak membludak seperti sebelum pandemi.

Lantas, apakah pembukaan bioskop di Banjarmasin kali ini benar-benar sudah mengantongi izin? Mengingat, sebelumnya XXI juga sempat beroperasi sehari. Namun lantaran tak berizin, bioskop itu akhirnya tutup lagi.

Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjarmasin Machli Riyadi menyatakan bahwa pihaknya telah memberi lampu hijau atas izin operasional bioskop.

“Iya benar, itu sudah mendapatkan izin,” katanya singkat melalui pesan Whatsapp, Sabtu (17/10/2020).

BACA JUGA : Kota Cinema Mall Siap Ramaikan Bisnis Perfilman di Banjarmasin

Sementara itu, Wakil Ketua GTPP Covid-19 Banjarmasin, Kolonel Czi M Leo Pola Ardiansa Saragih membeberkan ada sejumlah pertimbangan alasan untuk memberi izin operasional  terhadap XXI Duta Mall.

Di antaranya, menurut Dandim 1007/Banjarmasin ini, Provinsi Kalimantan Selatan secara umum sudah keluar dari zona merah menuju zona oranye.

“Walau masih ada zona merah di Banjarmasin, tapi secara umum recovery rate naik, mortality rate turun, dan kasus positif rendah,” tuturnya.

“Kemudian secara nasional, di DKI, Jabar dan beberapa wilayah lain sudah juga dibuka dengan penerapan protokol yang ketat, termasuk penyemprotan desinfektan secara rutin,” pungkas perwira menengah TNI AD ini.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.