Diamuk si Jago Merah, 7 Rumah Warga Banyiur Luar Tersisa Puing

0 135

AMUKAN si jago merah melanda kawasan padat penduduk di Jalan Banyiur Luar RT 14 RW 01, Kelurahan Basirih, Banjarmasin Selatan, Sabtu (17/10/2020) dini hari sekira pukul 03.46 Wita.

PERISTIWA kebakaran ini mengejutkan warga yang masih terlelap tidur. Warga pun berhamburan melihat kobaran api yang terus membesar dan memerah di langit.

Tak berselang lama, puluhan armada pemadam kebakaran berdatangan ke lokasi kejadian. Warga bersama para petugas pemadam kebakaran pun mengepung api dari segala penjuru untuk dijinakkan.

Fatar, anggota BPK Putra Daha yang juga relawan Rescue 911 mengungkapkan api memang cepat membesar, karena kebanyakan rumah warga berbahan kayu atau bahan yang mudah terbakar.

BACA : Insiden Kebakaran Pasir Mas, Rumah Bedak 22 Pintu Hangus

“Ya, hampir satu jam, api baru bisa dipadamkan. Begitu api sudah mengecil, kami langsung melakukan pendinginan di lokasi,” ucap Fatar kepada jejakrekam.com, Sabtu (17/10/2020).

Untungnya, dalam kejadian ini tak ada korban jiwa. Namun, warga pemilik rumah harus kehilangan harta benda, karena amukan si jago merah. Sementara itu, Siswa, relawan Rescue Gabungan 911 mengungkapkan dari hasil penyelidikan sementara diduga penyebab kebakaran akibat arus pendek listrik atau korsleting dari salah satu rumah yang awalnya terbakar.

Untuk data sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin HM Hilmi mengungkapkan dari kejadian kebakaran di kawasan Banyiur Luar ini sedikitnya ada 7 rumah terdampak. Yakni, lima rumah terbakar dan menyisakan puing atau mengalami rusak besar. Sisanya, dua rumah mengalami rusak ringan.

“Untuk total kerugian akibat kebakaran ini ditaksir ratusan juta rupiah. Sebab, kebanyakan rumah warga itu berbahan kayu,” kata Hilmi.

BACA JUGA : Insiden Kebakaran Bikin Geger Kawasan Pasir Mas Banjarmasin

Usai kejadian, warga pun tampak mengais benda-benda berharga di antara puing sisa kebakaran. Sementara, petugas dari Polsek Banjarmasin Barat langsung memasang garis polisi untuk menyelidiki penyebab kebakaran.

Salah satu pemilik rumah yang terbakar, H Rusdi dan beberapa warga pun telah dimintai keterangan di lokasi. Beberapa petugas kepolisian dari Polsek Banjarmasin Barat dan Polresta Banjarmasin belum bisa memastikan secara pasti penyebab kebakaran. “Masih dalam proses penyelidikan,” kata seorang anggota kepolisian.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.