Lestarikan Budaya Lokal, Kapolda Kalsel Wajibkan Personel Pakai Kain Sasirangan Tiap Jum’at

0 75

KAPOLDA Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta berkunjung ke Kampung Sasirangan di Sungai Jingah, pada Jum’at (16/10/2020). Dalam lawatan itu, Nico melihat geliat bisnis ia memberikan sembako dan masker kepada pengrajin sasirangan setempat.

“SAYA berkunjung ke Sungai Jingah untuk melihat UKM khususnya sasirangan, saya merasa budaya lokal ini patut dibanggakan, salah satu bentuk budaya lokal yang dipakai sehari-hari adalah Sasirangan,” ujar Nico.

Untuk memantapkan pelestarian budaya lokal ini, Nico pun menyebut ia bakal memerintahkan seluruh anggota reserse, intel, hingga bhabinkamtibmas untuk memakai sasirangan setiap hari Jum’at secara wajib.

Nico menambahkan, pihak kepolisian berkomitmen untuk membawa tamu-tamunya untuk datang ke Kampung Sasirangan jika sedang berkunjung ke Banjarmasin.

BACA JUGA: Polda Kalsel Diapresiasi Dua LSM Atas Kinerja Pemberantasan Narkoba Sampai Penanganan Demo

 “Kalau kita bersama memperhatikan budaya lokal dan UKM maka ekonomi akan berjalan dengan baik di daerah ini, saya berpikir dengan hadir kesini tentunya bisa mendorong para kapolres kapolsek diwilayah masing-masing untuk perhatian juga kepada budaya lokal agar meningkatkan perekonomian di wilayahnya masing-masing,” tambahnya.

“Tidak hanya batik sasirangan ini saja nantinya juga industri lainnya seperti makanan, seperti ikan, madu kelulut yang bisa berguna untuk memperkuat tubuh kita dalam menghadapi covid ini, saya kira masih banyak budaya dan UKM lokal yang perlu kita hidupkan dan lestarikan, kalau tidak kita siapa lagi.” kata Nico.

Sementara itu, Pejabat Sementara Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar yang juga hadir dalam lawatan tersebut mengapresiasi apa yang telah dilakukan kapolda dengan mewajibkan anggotanya tiap Jum’at untuk memakai Sasirangan.

BACA JUGA: Ungkap Kasus Narkoba Internasional, Komisi III DPR RI Apresiasi Kinerja Kapolda Kalsel

“Alhamdulillah kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi kebijakan kapolda, dengan adanya gerakan yang dilaksanakan oleh pak kapolda nantinya UKM kita semakin maju dan berkembang terlebih dimasa pandemi covid tentu sangat berarti bagi UKM kita, saya rasa ini menjadi stimulus ekonomi bagi daerah kita,” ujarnya.

“Harapan kita tidak hanya sasirangan, UKM lain juga yang terdampak akibat covid juga dapat menerima kebijakan-kebijakan yang nantinya akan berdampak ke perekonomian kita,” tutup Roy. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.