Target Zona Hijau Meleset, Rencana Belajar Tatap Muka di Sekolah Tetap Lanjut

0

MESKI target menghijaukan seluruh kelurahan pada pertengahan Oktober ini meleset, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin tampak masih ngotot menyusun skema rencana belajar tatap muka di sekolah.

SEPERTI diketahui, belum lama ini Kelurahan Sungai Miai dinyatakan telah berstatus zona merah. Alhasil, saat ini ada dua dari 52 kelurahan lagi yang dalam status bahaya sebaran Covid-19.

Kendati demikian, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi menyebut rencana belajar tatap muka di sekolah kemungkinan takkan diurungkan.

Menurut Machli, ada skema lain yang bisa dirancang untuk rencana belajar tatap muka di sekolah. Caranya adalah dengan melakukan evaluasi di skala kelurahan tertentu bersama Dinas Pendidikan setempat.

BACA : Target Meleset, Kelurahan Zona Merah Covid-19 Di Banjarmasin Bertambah

“Misalnya di wilayah yang dianggap sudah aman. Sedangkan untuk wilayah zona merah dipending dulu,” ucap Machli kepada awak media, Rabu (14/10/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin ini menyebut sejumlah kawasan yang bisa menjadi pilihan untuk dilakukan evaluasi dalam rencana belajar tatap muka.

Sebagai contoh, ia menyebut salah satunya adalah Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Tengah yang dalam dua bulan terakhir ini nihil kasus alias tak pernah mencatat kasus baru.

“Artinya lingkungan di sana aman, betul-betul hijau. Berarti memungkinkan saja kalau nanti hasil rapat dengan dinas pendidikan di sana untuk membuka ya barangkali SMA nya,” tuturnya.

BACA JUGA : Lima ASN Pemkot Banjarmasin Terpapar Corona

Selain itu, masih kata Machli, kecamatan yang lebih didominasi oleh kelurahan zona hijau tak menutup kemungkinan untuk dapat dijadikan opsi membuka sekolah.

Namun, menurut Machli, di tengah kondisi saat ini masih belum memungkinkan untuk memulai belajar tatap muka di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Taman Kanak-kanak (TK).

“Karena anak-anak se-usia itu masih masuk dalam kategori rentan penularan Covid-19,” pungkas mantan Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin ini.

Untuk mengingatkan, sebelumnya Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin berencana memulai belajar tatap muka pada bulan November mendatang. Kabarnya, akhir bulan ini Pemkot akan menggelar rapat untuk membahas rencana belajar tatap muka di tengah pandemi tersebut.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.