Arus Lalu Lintas Dibuka, Demonstran Tolak Omnibus Law di Banjarmasin Tak Jua Bubar

0

RATUSAN demonstran aksi tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja di Banjarmasin, tak kunjung membubarkan diri meski kondisi sudah malam.

PANTAUAN jejakrekam.com, Kamis (15/10/2020) pukul 20.30 Wita, demonstran tetap memadati ruas Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Padahal, ajakan untuk membubarkan diri secara kondusif telah disuarakan oleh petinggi kampus masing-masing. Bahkan seruan pembubaran itu juga disuarakan oleh aparat keamanan.

Namun, hingga berita ini diturunkan ratusan massa aksi tak jua membubarkan diri. Mereka tetap memilih untuk memadati kawasan Jalan Lambung Mangkurat. Meski arus lalu lintas telah dibuka oleh petugas.

Sebelumnya, demonstran tolak omnibus law di depan gedung DPRD Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kamis (15/10/2020), menghadirkan perwakilan rektor dari setiap perguruan tinggi.

BACA JUGA: Gelar Aksi Sampai Petang, Demonstran Tolak Omnibus Law Di Banjarmasin Diminta Pulang

Kedatangan mereka agar membujuk ribuan mahasiswa untuk membubarkan diri secara kondusif pada pukul 18.00 Wita. Sebab, berdasarkan aturan, aksi demonstrasi tidak boleh sampai malam.

Wakil Rektor III Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Fauzi Makkie menyatakan sikap sepaham dengan tuntutan demonstran yakni menolak Undang-Undang Cipta Kerja.

Namun menurutnya, dalam menyampaikan aspirasi atau pun aksi demonstrasi, sudah di aturan oleh undang-undang.

“Tapi dalam menyampaikan aspirasi, sudah diatur dalam undang-undang dan ada aturan jamnya,” ucapnya di tengah ribuan mahasiswa.

BACA JUGA: Puluhan Pelajar Diamankan Aparat, Ada Bawa Miras Sampai Petasan

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Nida Mufida di tengah ribuan mahasiswa.

Dia mengimbau agar ribuan demonstran, khususnya mahasiswa UIN Antasari untuk membubarkan diri secara kondusif, sebelum suasana semakin gelap.

“Saya tetap mengimbau agar kalian pulang masing-masing,” ujar Nida Mufida.

Kendati dibujuk oleh pemangku jabatan di kampus mereka masing-masing, ribuan demonstran tetap memilih untuk bertahan di ruas Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin hingga malam ini. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.