Menuju Swasembada Pangan, Dinas Pertanian Barut Bangun Jaringan Irigasi

0

MELALUI kelompok tani, upaya perbaikan jaringan irigasi di Kabupaten Barito Utara terus dilakukan. Bahkan, pembuatan jaringan baru menuju persawahan secara merata dibangun. 

SAAT ini ada tiga Kecamatan yang menjadi andalan padi sawah. Seperti Teweh Selatan,  Gunung Timang dan Montallat. Luas areal di wilayah tersebut ribuan hektare.

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi,  Rabu (14/10/2020) mengatakan, Poktan Sama Bagawi Kelurahan Tumpung Laung II, didampingi mantri tani dan PPL. Gotong royong menyediakan gelondongan kayu untuk matingan eksavator, pembuatan saluran air. 

BACA : Protes Pengesahan UU Ciptaker, Mahasiswa-Ormas di Barito Utara Turun ke Jalan

Menurutnya,  untuk kelancaran pengairan persawahan, masyarakat di Kecamatan Montallat dan Gunung Timang, sepertinya bersemangat sekali mensukseskan program yang dicanangkan pemerintah daerah. 

“Apa yang dicanangkan pemerintah daerah swasembada pangan nampaknya segera terwujud, “kata Setia Budi. 

BACA JUGA: Badan Kesbangpol Barito Utara Sosialisasi Bantuan Keuangan Parpol

Untuk mencapai tujuan itu, kata dia, upaya pembangunan jaringan dengan system swakelola terus dilakukan sesuai dengan program yang sudah direncanakan secara matang. 

Dalam mewujudkan swasembada pangan Barut akan melakukan pola seperti sebelumnya dimana ada musim tanam dua kali dalam setahun. Selain itu,  ada juga padi ladang. 

Dengan pola yang sudah ada,  maka ketersiapan lahan dan jaringan harus dilakukan perbaikan agar lebih maksimal untuk dimanfaatkan sesuai dengan fungsi lahan pertanian.  (jejakrekam)

Penulis Syarbani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.