Manfaatkan Goa Alam, TRC BPBD Balangan Gelar Latihan Rescue

0 88

TRC BPBD Kabupaten Balangan, menggelar pelatihan vertical rescue digelar untuk meningkatkan kemampuan anggota.

GUNUNG
Batu di Desa Sungsum, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Balangan, Kalsel menjadi lokasi pelatihan. Tempat ini dianggap mumpuni dan menantang untuk dijadikan arena berlatih.

Plt Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Balangan, Syuhada menerangkan, pelatihan vertikal rescue bekerja sama dengan FPTI Kabupaten Balangan dan tim Vertikal Rescue Balangan. Sehingga adanya pelatihan secara khusus dan anggota TRC pun mengetahui tata cara penyelamat pada situasi tertentu.

BACA : Peringati Harlah, BPBD Balangan Bertekad Memberikan Pelayanan Terbaik

“Melalui latihan vertikal rescue ini, sebagai upaya BPBD Balangan melatih anggota TRC dalam penyelamatan. Baik itu insiden bencana di gedung maupun di gunung,” ucap Syuhada, Minggu (11/10/2020).

Bahkan sebut Syuhada, latihan akan dilakukan secara rutin per dua minggu sekali. Jadwal libur pun diagendakan untuk mencari jalur lainnya sebagai lokasi latihan.

Saat ini pemilihan Gunung Batu di Sungsum dianggap lokasi yang tepat untuk berlatih. Selain alamnya yang bersahabat dan cukup tinggi, pemanjatan juga bisa dilakukan. Terlebih bebatuannya alami, terutama pada bagian tebing.

Secara bergantian para anggota TRC dan atlet panjat berlatih untuk menguasai kemampuan memanjat di tebing Gunung Batu. Tentunya didukung perlengkapan alat yang mumpuni dan sesuai standar.

Meski bencana di gedung maupun kebakaran di gunung tidak dikehendaki, Syuhada berharap, pelatihan yang dilakukan dapat memberi pembelajaran bagi anggota. Selain itu meningkatkan kemampuan fisik mereka dan siap menanggulangi bencana.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.