Sembilan Tenaga Medisnya Positif Covid, Puskesmas Paringin Ditutup Sementara

0

SEMBILAN orang tenaga medisnya terkonfirmasi positif covid-19, Puskesmas Paringin memutuskan menghentikan pelayanan untuk sementara waktu.

Plt Sekdakab Balangan sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif menyampaikan, sembilan petugas Puskesmas Paringin terkonfirmasi positif covid-19 setelah keluar hasil uji swab yang dilakukan pada beberapa waktu lalu.

“Kesembilan pegawai Puskesmas yang positif Covid-19 ini terdiri dari tenaga medis dan admin,” bebernya.

BACA : Tekan Penyebaran Covid-19, Balangan Keluarkan Himbauan Bersama

Setelah terkonfirmasi positif, menurut Erwan, di Puskesmas Paringin terpapar virus tersebut, para pegawai pun langsung dikarantina.

“Kami sudah melakukan proses karantina kepada 9 pegawai yang terkonfirmasi positif Covid 19, sejak hari Minggu lalu,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Balangan, H Syaifullah merasa kaget saat Puskemas masih operasional padahal tahu ada pegawai yang positif Covid 19, saat peninjauan ke Puskemas Paringin dilakukan, Senin (12/10/2020).

BACA JUGA : Terjangkit Covid-19, Pejabat Eselon III Pemprov Kalsel Wafat

“Saya sangat kaget paparan Covid 19 di Puskesmas Paringin sangat parah. Perawat dan dokter juga kena dan mereka diisolasi,” ucap Syaifullah.

Ia pun lantas menyarankan agar Puskemas tidak operasional untuk sementara waktu. Terutama hingga hasil swab ulang keluar.

Lebih lanjut, ia juga meminta tim Gugus Tugas Covid 19 melakukan sterilisasi terhadap Puskesmas. Khususnya, untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

BACA LAGI :  Insentif Nakes Covid-19 RSUD Ulin Belum Dibayar, Suciati Berdalih Masih Menunggu Audit BPK

Pasca didatangi oleh Plt Bupati Balangan, kini Puskesmas sudah tidak lagi beroperasional. Pelayanan kesehatan di wilayah Paringin pun dialihkan ke Puskesmas Paringin Selatan untuk sementara waktu.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, orang yang ada kontak langsung dengan pegawai yang yang positif ini juga akan dilakukan tracking untuk meminimalisir penyebarannya dan sekali lagi dilakukan swab masal terhadap semua pegawai.

Selain itu, juga akan dilakukan sterilisasi Puskesmas dengan cara penyemprotan disinfektan sebagai upaya pembersihan dari virus.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.