Kala Anak Jalanan Demo Kantor DPRD Banjarmasin

0

BELASAN massa yang tergabung dalam Yayasan AL-AJYB (Anak Jalanan Yang Baik) menggelar aksi damai di halaman Gedung DPRD Kota Banjarmasin, Selasa (6/10/2020) pagi.

TUJUAN mereka mendatangi gedung megah wakil rakyat itu semata-mata ingin minta carikan solusi atas nasib anak jalanan yang selama ini seolah terabaikan.

Ketua Sekolah Musik Jalanan (SMJ), Ahmad Bahtiar menilai, saat ini fenomena anak jalanan bak buah simalakama. Tidak mengamen tak dapat penghasilan. Mengamen pun pasti akan ditertibkan.

“Kita akan menyampaikan kesulitan anak-anak jalanan dalam mencari nafkah,” kata Ahmad Bahtiar kepada awak media, usai menyampaikan narasi.

BACA JUGA: Himpun Anak Jalanan, Yayasan Al-Ajyb Gelar Peringatan Maulid Nabi

Menurutnya, anak jalanan juga merupakan warga Banjarmasin yang artinya mereka punya hak yang sama dengan masyarakat sipil lainnya. Merujuk merujuk pada Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 3 tahun 2010 tentang Penanganan Gelandangan dan Pengemis Serta Tuna Susila.

Kemudian Perda Kota Banjarmasin Nomor 17 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, serta Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang Perlindungan Anak Terlantar.

“Jadi kami meminta solusi dan implementasi dari pemerintah seperti apa. Karena selama ini mereka cuman ditertibkan, tetapi tidak ada solusi,” tegasnya.

BACA JUGA: Buka Wawasan Hukum, LBH Pemuda Suluh Anak Jalanan di Banjarmasin

Di samping itu, Bahtiar mengatakan permasalahan ini acap kali disampaikan kepada pemerintah kota Banjarmasin dan lembaga terkait lainnya seperti KNPI. Namun, hingga kini tak kunjung ada solusi.

Sementara itu, Ketua AL AJYB, M Algi Rifani menyatakan, ingin melihat anak jalanan layaknya kota-kota lain di pulau Jawa. Sebab, menurutnya, anak jalanan di tempat itu lebih tertata dan dibina.

“Kita ingin kota Banjarmasin ini seperti kota maju lainnya, seperti kaya Yogyakarta. Di sana pemudanya maju karena ada pembinaan. Bahkan ada tempat untuk para pengamen jalanan,” ujarnya dalam audiensi.

Hingga diturunkannya berita ini, belasan massa dari AL AJYB tersebut masih melakukan audiensi bersama masing-masing perwakilan dari Komisi 1 sampai 4 anggota DPRD Banjarmasin. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.