Fasilitas dan Layanan Publik Paling Dominan Dikeluhkan

0

DINAS Komunikasi dan Informatika Kabupaten Balangan mencatat setidaknya ada 26 laporan diajukan masyarakat terhadap kinerja pemerintah daerah di Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) selama 2020.

KASI Pengelolaan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Balangan, Harry Satrio Purwanto mengatakan, 26 laporan tersebut sudah diterima dari aplikasi yang bisa diakses oleh warga Balangan. Dua di antaranya merupakan laporan dari tahun 2019.

“Laporan terakhir yang kami terima mengenai penyelenggaraan seleksi CPNS di Kabupaten Balangan,” ucap Kasi Pengelolaan Aspirasi Publik Dinas Kominfo Balangan, Harry Satrio Purwanto, Jumat (2/10/2020).

BACA : Tim LAPOR Peduli Dan Gugus Tugas Covid-19 Balangan Bagikan Masker

Hari menerangkan, beberapa SKPD terkait sudah menerima laporan yang ada di SP4N Lapor. Tentunya tanggapan juga telah diberikan. Beberapa laporan yang kerap ada tentang fasilitas publik, infrastruktur, Covid-19 dan layanan publik lainnya.

“Namun setiap laporan yang ada, selalu mendapatkan tindak lanjut. Baik berupa tanggapan dari SKPD terkait, maupun pelaksanaan secara langsung.” ujar Hari

Ia juga menerangkan ada satu SKPD yang aktif menerima laporan. Instansi tersebut yakni PUPR Kabupaten Balangan.

SP4N Lapor aplikasi daring yang mewadahi laporan masyarakat. Rencananya Kominfo Balangan akan terus menyosialisasikan aplikasi tersebut. Bahkan dalam tempo dekat akan dipasang spanduk atau banner yang ditempatkan pada sejumlah SKPD yang ada di Balangan. “Selain itu juga ada pembagian leaflet dan stiker,” ucapnya.

BACA JUGA : Pemkab Balangan Gelar Bimtek Aplikasi E-Lapor

Ada beberapa cara untuk akses SP4N Lapor sehingga masyarakat bisa mengadukan keluh kesah mereka tentang layanan dan pembangunan di Balangan. Selain itu memberikan kritik dan saran untuk perkembangan wilayah berjuluk Bumi Sanggam tersebut.

Akses Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR bisa melalui situs web www.lapor.go.id . Bisa juga mendownload aplikasi dari android yakni aplikasi SP4N Lapor dan SMS ke 1708 dengan format Balangan(spasi)isi laporan. Bahkan dibuka layanan via twitter ke @lapor1708.

Hari pun berharap melalui aplikasi ini, masyarakat bisa memberikan masukan dan pengaduan mereka. Sehingga nantinya dari instansi terkait juga berupaya untuk melakukan tindak lanjut atas laporan tersebut.

Aplikasi Lapor yang dikelola oleh Dinas Kominfo Kabupaten Balangan ini terus mendapatkan aduan dari masyarakat. Sebagaimana diketahui, aplikasi ini merupakan sarana bagi masyarakat untuk melaporkan atau memberikan pengaduan terhadap kinerja pemerintah melalui sistem daring. Utamanya adalah pengaduan yang berhubungan pada layanan publik.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.