Dorong UMKM Unggul, Balitbangda Balangan Gelar FGD

0

BADAN Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Balangan mengelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penguatan pelaksanaan SIDa Kabupaten Balangan tahun 2019 klaster inovasi Produk Unggulan Daerah (PUD), Kamis (1/10/2020).

FGD yang menghadirkan beberapa OPD dan stakaholder terkait konsep dan rencana aksi serta indikator kinerja tersebut juga menghadirkan Balitbangda Provinsi Kalsel yang salah satu penelitinya menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Kepala Balitbangda Kabupaten Balangan, Aidinor menyampaikan, jika Focus Group Discussion ini gelar bertujuan untuk penguatan pelaksanaan SIDa Kabupaten Balangan tahun 2019 klaster inovasi Produk Unggulan Daerah (PUD).

BACA : Balitbangda Balangan Sosialisasikan Pemenuhan Indeks Inovasi Daerah

Selain itu, kata Aidi, kegiatan FGD ini juga pada gilirannya guna mendorong terciptanya UMKM yang produktif.

Lewat FGD yang digelar ini, pihaknya kata Aidin berharap,  akan muncul ide-ide inovasi dalam pembangunan yang berjalan secara komprehensif serta terjadinya kolaborasi antar aktor pembangunan yang lebih maksimal lagi kedepannya.

Dengan adanya ide-ide dan kolaborasi itu, lanjut dia, akan muncul produk-produk unggulan yang menjadi faktor kunci peningkatan daya saing daerah.

“Daya saing daerah inilah yang diharapkan mampu menciptakan peningkatakan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Dalam pemaparannya, narasumber yang juga salah satu peneliti di Balitbangda Provinsi Kalsel, Ahmad Zaky Mubarak menyampaikan, bagaimana proses atau aturan yang mengatur pelaksanaan SIMDa tersebut.

Selain itu, bagaimana alur pembuatan Roadmap SIDa yang didalamnya terdapat pemetaan wilayah pengembangan klaster yang bertujun memunculkan Produk Unggulan Daerah (PUD) yang akan menjadi daya saing masing-masing daerah.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.