Makin Rukun, PT Indexim Utama Gelar Syukuran Bersama Warga Muara Mea

0

HUBUNGAN antara warga masyarakat Desa Muara Mea dengan PT Indexim Utama kini benar-benar rukun. Setelah sebelumnya sempat terlibat konflik atas permasalahan Gunung Piyuyan. Kerukunan kedua belah pihak ini tergambar dari foto-foto kegiatan pelaksanaan ritual adat selamatan di Rumah Betang Olo Lio yang terlihat penuh keakraban.

WAKIL Manager PT Indexim Utama, Supri Muyono, mengatakan, bahwa pihaknya sangat menyambut baik perdamaian yang ditandai dengan dilaksanakannya ritual adat selamatan sebelum dilakukan pelepasan hinting pali dari kain kuning yang dipasang di jalan blok perusahaan. 

Kegiatan pelepasan hinting pali kain kuning ini dihadiri Panih selaku Ketua Adat, beserta Rinum, Napoleon, Ungar dan Hariadi selaku Mantir adat, 
sementara dari PT Indexim Ir Agus Setyo Satmoko selaku Manager Produksi dan Fuat Tahjudin yang juga Mandor Blok.

“Ini tanda dimulainya hubungan baik antara Investor yang ikut membangun desa dan daerah dengan masyarakat Desa Muara Mea,” ujar Supri Muyono, pada Rabu (30/9/2020).

BACA JUGA: Dituding Rusak Situs Sakral, PT Indexim Dituntut Adat Lewat Damang Gunung Purei

Menurutnya, dengan dilaksanakannya acara ritual adat ini juga merupakan tanda PT Indexim Utama bisa kembali melaksanakan kegiatan secara normal di lokasi di blok RKT tahun 2020, sesuai perijinan dan aturan pemerintah yang mengacu kepada BAP Tim KPHP Barito Tengah Kabupaten Barito Utara.

Harapannya, hubungan baik ini dapat terus terjalin baik dengan masyarakat Desa Muara Mea, Kecamatan Gunung Purei.

“Permasalahan yang kemarin sudah clear dan sudah bersepakat sesuai dengan ketentuan kesepakatan perdamaian di Polres Barito Utara,” tutupnya. (jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.