DKC Pramuka Tabalong Gelar KDPK

0

DEWAN Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong laksanakan Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK) yang diikuti pramuka penegak dan pandega se-Tabalong.

KPDK
yang berlangsung dari tanggal 26 hingga 27 September 2020 ini digelar agar peran pramuka penegak dan pandega se – Tabalong dalam memahami struktur dan fungsi mengelola organisasi dapat meningkat.

Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong, Yuhani mengatakan kegiatan KPDK ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh seluruh peserta, agar dengan pelatihan ini dapat meningkatkan mutu saat bertugas baik di Gugus Depan maupun di Kecamatan atau Ranting.

BACA : Kwarcab Tabalong Salurkan Bantuan Bagi Anggota Pramuka Terdampak Covid-19

“Kenapa harus demikian, karena mulai 2021 kegiatan kita akan lebih banyak ke pembinaan,” ujarnya saat membuka pelaksanaan KPDK, Gedung Informasi, Sabtu, (26/9/2020).

Menurut Yuhani, ke depan tugas dewan kerja akan semakin berat, sebab mereka akan langsung turun ke lapangan membantu kegiatan di gugus depan sehingga menjadi lebih bagus.

“Oleh karena itu kita benahi mereka, kita bekali ilmu mereka hari ini, baik manajemennya maupun pengelolaannya sehingga apa yang dikerjakan nantinya profesional. Pramuka mendidik  menjadi orang yang tangguh, percaya diri dan penuh dengan desikasi,” ujarnya.

Yuhani juga menambahkan, dengan adanya kegiatan ini kegiatan pramuka di Gugus Depan akan lebih semarak lagi. 

BACA JUGA :  Bulan Bakti Pramuka, Kwarcab Tabalong Gelar Donor Darah

Terpisah, Ketua DKC Tabalong, Rizaldi Rakhman, mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti KDPK tahun 2020 ini sebanyak 36 orang yang berasal dari pramuka golongan penegak dan pandega. 

“Peserta merupakan perwakilan dari Dewan Kerja Ranting yang ada ditiap Kecamatan yang masing – masing ranting mengirimkan tiga orang peserta,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini peserta menerima berbagai materi seperti, pembinaan pramuka penegak dan pramuka pandega, kesakaan, sistem administrasi kwartir dan dewan kerja.

“Serta perencanaan kegiatan dan anggaran, strategi komunikasi, koordinasi dan kehumasa, teknik pengkaderan dan manajemen resiko,” ucap Rizaldi. 

Rizaldi berharap, dengan adanya KPDK ini, pramuka penegak dan pandega di Tabalong mampu menjadi dewan kerja yang handal dalam mengelola organisasi dan mampu menjadi penerus kaderisasi kepemimpinan kwartirnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.