Buku Jejak Banjar di Nusantara, Kado Penutup Momen Harjad Banjarmasin dari Ibnu Sina

0

PELUNCURAN buku berjudul Jejak Banjar di Nusantara menjadi salah satu kado penutup yang manis dari Ibnu Sina pada momen malam syukuran Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-494 Tahun di Balai Kota, Jumat (25/9/2020).

DI HADAPAN para tamu undangan yang berhadir, Ibnu memamerkan sebuah buku hasil karyanya sendiri. Buku tersebut merupakan kumpulan dari catatan kecil yang ditulisnya selama tiga periode menjabat sebagai anggota DPRD Kalsel.

Catatan itu diabadikan Ibnu Sina dalam blog pribadinya di www.ibnubanjar.wordpress.com, termasuk pantun yang dianggapnya dibuang sayang. “Buku ini memotret sisi lain urang Banjar di perantauan,” kata Ibnu Sina.

Menurut Ibnu, seorang kepala daerah bukan sekadar soal membangun kota, melainkan juga merubah diri sendiri melalui pandangan dalam sebuah tulisan yang tertuang pada sebuah buku.

BACA : Digarap 10 Tahun, Perjalanan Maestro Anang Ardiansyah Terekam Dalam Biografi ‘Abah Raja Ai’

Menariknya, dari cerita Ibnu, proses penulisan buku ini punya cara berbeda dibandingkan yang lainnya. Kata Ibnu, buku Jejak Banjar di Nusantara itu mulanya hanya ditulis di ponsel pintar, bukan di komputer.

“Catatan perjalanan ini semula diketik di hp biasa, saat berada di sejumlah kota dan bertemu langsung dengan warga Banjar di perantauan,” ujarnya.

Di sisi lain, dalam buku itu juga mencerminkan bagaimana orang Banjar yang merantau, dan menetap di banua orang, namun tidak pernah memupuskan adat istiadat Banjar.

Selain itu, dalam buku tersebut terdapat kisah sejarah hijrahnya suku Banjar ke Sumatera, khususnya di daerah Tembilahan, Indragiri Hilir, termasuk yang ada di Kuala Tungkal.

BACA JUGA : Tiru Jejak Idwar Saleh, Menolak Lupa dari Goresan Sejarawan Muda Mansyur

Mantan anggota DPRD Kalsel itu berharap, karyanya tersebut dapat menjadi inspirasi bagi siapa pun. Termasuk kaum milenial agar tak meninggalkan budaya asal, meski berada di kampung orang.

“Mudah-mudahan buku ini memberi manfaat bagi masyarakat luas,” harap Ibnu di akhir paparannya menerangkan isi buku.

Buku Jejak Banjar di Nusantara merupakan kumpulan tulisan dari blog pribadi Ibnu Sina. Penelusuran jejakrekam.com, Jejak Banjar di Tanah Dayak, Museum Timah, dan Jejak Banjar di Bangka Belitung-Negeri Laskar Pelangi, merupakan beberapa judul cerita yang ditulis Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.