Sisa Baliho Diserahkan ke Panwascam, Bawaslu Apresiasi Penurunan Atribut Paslon Pilwali Banjarmasin

0

PENURUNAN atribut berbau kampanye di masa usai penetapan pasangan calon yang berlaga dalam pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin sudah terlihat di ibukota Kalimantan Selatan.

MESKI di beberapa tempat, masih ada beberapa baliho dan spanduk yang masih tersisa belum dilepas tim pemenangan atau relawan pemenangan pasangan calon (paslon) di Pilwali Banjarmasin.

“Yang pasti, kami mengapresiasi apa yang dilakukan pasangan calon bersama parpol pengusung dan tim LO-nya. Dengan penuh kesadaran mereka menurunkan atau melepas atribut sarana ssialisasi seperti baliho, billboard dan spanduk di kota ini,” kata Koordiantor Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kota Banjarmasin, Rahmadiansyah di selasa Sosialisasi Peraturan dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Banjarmasin, Kamis (24/9/2020).

Ia menegaskan Bawaslu mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kesepahaman serta sinergitas dengan para stakeholders tersebut. Dengan itu, kata Rahmadi, bisa berlanjut pada tahapan-tahapan selanjutnya pada Pilkada 2020 ini, seperti pada tahapan pengundian nomor urut dan tahapan kampanye.

BACA : Bawaslu Banjarmasin Ancam Sanksi Paslon yang Bandel Pasang Baliho Sebelum Masa Kampanye

Seperti diketahui di Banjarmasin, ada empat pasangan calon yang berlaga di suksesi 2020 mendatang. Keempat ‘petarung’ ini pun telah resmi ditetapkan KPU Banjarmasin sebagai calon walikota-wakil walkota pada Rabu (23/9/2020).

“Penetapan jadwal itu sudah sesuai jadwal, program dan tahapan pilkada. Sejak tanggal itu pula, baliho dan alat sosialisasi, kami minta diturunkan. Silakan nanti memajang alat peraga kampanye (APK) resmi pada tahapan kampanye yang dimulai pada 26 September nanti dengan ukuran ukuran dan jumlah tertentu sesuai Peraturan KPU,” ucap Rahmadi.

Ia pun respek dengan sebagai kontestan pilkada guna menjalankan imbauan yang telah disampaikan, kini Kota Banjarmasin sudah bersih dari baliho atau alat sosialisasi bapaslon, setidaknya di ruas-ruas jalan protokol.

BACA JUGA : Jelang Penetapan Kandidat, Sejumlah Baliho Bapaslon Masih Bertebaran di Banjarmasin

Untuk alat-alat peraga sosialisasi yang berada di ruas-ruas jalan lingkungan, Rahmadi mengatakan pihaknya minta Panwaslu Kecamatan (panwascam) yang akan mengawasi, apakah masih ada.

Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Hukum dan Humas Bawaslu Kota Banjarmasin, Munawar Khalil mengajak semua pihak untuk bersama-sama menaati peraturan terkait pilkada.

“Ini agar pilkada kita bersih, berkualitas dan menghasilkan pimpinan terbaik,” ucap Munawar Khalil.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Riyadi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.