Hadiri Rapat Paripurna Istimewa Harjad, Ibnu Sina Pamer Kemajuan Kota Banjarmasin

0

DPRD Kota Banjarmasin mengelar rapat Paripurna Istimewa dalam rangka puncak Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke-949 tahun, Kamis (24/9/2020).

RAPAT paripurna tahun 2020 yang bertema ‘Wujudkan Banjarmasin Baiman Untuk Pembangunan Yang inklusif Tangguh dan Berkelanjutan’, itu dihelat di gedung DPRD Banjarmasin.

Walikota Ibnu Sina, Wakil Walikota Hermansyah, Forum Koordinasi Daerah (Forkopimda) Banjarmasin. Menariknya acara tersebut juga dihadiri 2 pasangan calon walikota yang akan bersaing di pilkada 2020 yaitu Abdul Haris Makkie, Ilham Noor dan Ananda.

BACA JUGA: Teledor! Akibat Tersenggol, Proyek Jembatan HKSN Lukai Lima Pekerja

Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya mengatakan, rapat paripurna istimewa hari jadi itu merupakan agenda tahunan bagi kota berjuluk seribu sungai yang dideklarasikan pada 24 September 1526 silam.

“Sebanyak 43 orang dari anggota dewan yang hadir pada paripurna hari jadi Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Harry Wijaya mengungkapkan, DPRD Banjarmasin siap mendukung program yang telah direncanakan pemerintah setempat. Apalagi, itu sudah menjadi tugas dewan untuk mengawal pembangunan di kota ini.

Perayaan hari jadi Kota Banjarmasin pada tahun ini berbeda dari sebelumnya. Selain masih dalam suasana pandemi Covid-19, juga bersamaan dengan momen jelang Pilkada yang dilaksanakan 9 Desember nanti.

BACA JUGA : Jembatan HKSN Dibuat Model Kembar, Penggarapannya Mulai Digeber

Dalam rapat paripurna tersebut disampaikan cerita pendek tentang terbentuknya Kota Banjarmasin sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada 24 September 1526.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Muhammad Yamin menerangkan, bahwa nama Banjarmasin diambil dari nama Patih Masih pada masa Kesultanan Banjar. Sehingga Banjarmasin memiliki sejarah panjang, baik dari peperangan antar kerajaan maupun dengan penjajah Belanda.

Sementara itu, Walikota Ibnu Sina dalam pidatonya menyampaikan, segala kemajuan pembangunan hingga tahun 2020 ini atau memasuki lima tahun kepemimpinannya bersama Hermansyah sejak 2016.

Menurut dia, pembangunan yang sudah dicapai ini bisa berjalan dengan baik dengan dukungan para legislatitor.

“Saya Berharap sinergi ini akan terus terjaga dan selalu harmonis, hingga segala perencanaan pembangunan berjalan dengan baik,” pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.