Bersinergi dengan Aparat, Pokdarkamtibmas Bhayangkara 2020 Dikukuhkan Kapolda Kalsel

0 146

DI TENGAH kondisi negara dan daerah masih dalam Pandemi Covid-19 ditambah memasuki pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada), tentu dibutuhkan peran lebih dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas).

HAL ini disampaikan Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, saat pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Kalsel Periode 2020-2024 di Lapangan Apel Mapolda Kalsel, Kamis (24/9/2020) pagi.

Penyerahan bendera pataka Pokdarkamtibmas oleh Kapolda Kalsel di Lapangan Apel Mapolda Kalsel resmi menandai dilantik dan dikukuhkan Kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Kalsel.

Pengukuhan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Kalsel ini turut dihadiri Gubernur Kalsel, Ketua DPRD Kalsel, Kajati Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danlanal Banjarmasin, Danlanud Syamsudin Noor, Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, para pejabat Utama Polda Kalsel serta Dewan Pembina Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Kalsel.

BACA : Kapolda Kalsel Tegaskan Polisi Punya Peran Menindak Pelanggar Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Sesuai dengan arahan dari Mabes Polri, Pokdarkamtibmas dibentuk di seluruh Polda se-Indonesia, terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang bertugas membantu memelihara Kamtibmas.

Khusus di situasi Pandemi Covid-19 saat ini, Pokdarkamtibmas menjadi bagian dari Pelopor Penegak Disiplin Protokol Kesehatan dengan harapan seluruh masyarakat menjadi roda penggerak penanganan Covid-19.

Kehadiran Forkopimda Kalsel dalam pengukuhan Pokdarkamtibmas ini menjadi bagian penting bahwa Pemda mendukung adanya kebersamaan masyarakat dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Apabila Covid-19 telah bisa kita tangani, maka keamanan dan ketertiban masyarakat secara keseluruhan juga bisa terjaga dan ekonomi bisa berjalan dengan baik,” ucap Kapolda Kalsel.

BACA JUGA : Bertemu Pangdam Mulawarman, Kapolda Kalsel Ungkap Tiga Agenda Strategis

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor pada kesempatan yang sama mengapresiasi pembentukan Pokdarkamtibmas Daerah Kalsel Periode 2020-2024.

“Ini bukti sinergitas antara TNI-Polri dengan pemerintah daerah, semua harus berperan dalam menangani Covid-19 pada era pilkada sekarang ini, sinergitas ini sangat penting sekali,” ucap Paman Birin, sapaan akrabnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.